IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Jokowi Sidak ke PLTS Moratai

Jokowi Sidak ke PLTS Moratai

Written By Indopetro portal on Thursday, 7 April 2016 | 16:40

indoPetroNews.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pembangkit Listrik Tenags Surya (PLTS) Daruba di Pulau Morotai pukul 06.30 WIT pagi ini.

Sidak ini dilakukan, setelah Jokowi mendengar informasi bahwa PLTS ini mangkrak setelah dibangun pada 2012 lalu.

Tetapi, setelah dicek langsung oleh Jokowi, ternyata PLTS ini masih beroperasi dan memasok listrik hingga mendekati kapasitas maksimumnya. Memang ada kerusakan pada alat automatic, sehingga PLTS harus dioperasikan secara manual, tetapi PLTS tidak sampai mangkrak.

"Ada yang rusak, alat automatic-nya," kata Jokowi usai sidak di PLTS Daruba, Morotai, Rabu (6/4/2016). Dalam sidak ini, Jokowi didampingi antara lain oleh Menteri ESDM Sudirman Said, Jubir Kepresidenan Johan Budi, serta Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana.

Jokowi menambahkan, sidak seperti ini dilakukannya untuk mengontrol hasil-hasil pembangunan, supaya tidak ada proyek yang sebenarnya bermanfaat tetapi hanya jadi buang-buang uang rakyat akibat tidak dikelola dengan baik.

Dia menyontohkan, ada PLTS yang mangkrak di Halmahera karena tidak dirawat setelah selesai dibangun. "Itu di Halmahera mangkrak, lihat saja sendiri," ucapnya.

Jokowi juga menyoroti kurangnya sumber daya manusia untuk merawat PLTS. Di PLTS Daruba misalnya, hanya ada 1 orang teknisi yang melakukan perawatan. "PLTS segede ini yang menangani cuma 1 orang. Di daerah banyak yang seperti ini," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login