IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Kampanye Hemat Energi 3M Kembali Digelorakan

Kampanye Hemat Energi 3M Kembali Digelorakan

Written By Indopetro portal on Thursday, 28 April 2016 | 08:02

indoPetroNews.com-Pemerintah kembali menggelorakan semangat penghematan energi ditengah kurang kondusifnya harga minyak mentah di pasaran global. Selain membantu mengurangi penyediaan energi, masyarakat pun dapat merasakan manfaatnya. Apa saja manfaatnya?

"Jika dilakukan 3M, yaitu Mencabut, Mematikan dan Mengurangi maka rumah tangga bisa menghemat sekitar 200.000 - 400.000 per bulan tergantung pemakaian," kata Farida Zed, Direktur Konservasi Energi, Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com Rabu sore (27/4/2016) di Kementerian ESDM  Jakarta.

Target penghematan energi yang dicanangkan dari konsumsi sekarang jika bisa mencapai 10% maka itu artinya bisa hemat 3,5 GW. "Angka tersebut diperoleh dari daseline data yang dihitung dari 2014 dengan asumsi peningkatan konsumsi 7% setiap tahun," papar Farida Zed.

Data Kementerian ESDM, total energi terjual pada 2014 sebesar 199.496 GWh. "Rumah tangga memang jadi salah satu konsumen terbesar listrik bersama industri dan bisnis dengan total penghematan 18.718 GWh," ujarnya.
Untuk mendorong aksi ini, pemerintah juga menyiapkan skema pemberian insentif kepada rumah tangga, yaitu berupa 2 lampu LED hemat energi per rumah ke 10.000 rumah dalam program ‘Indonesia Terang’ per tahun.
Menanggapi aksi kampanye ini, seorang pengamat energi berseloroh, “Semoga kampanye ini tidak hanya hangat-hangat tahi ayam!” (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login