IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Laporan PLTS Mangkrak Perlu Dicek dan Ricek

Laporan PLTS Mangkrak Perlu Dicek dan Ricek

Written By kusairi kusairi on Monday, 11 April 2016 | 16:35

indoPetroNews.com -Adanya laporan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bukan isapan jempol. Pasalnya, Kementerian ESDM mengakui bahwa ada beberapa PLTS rusak. "Memang banyak laporan adanya PLTS rusak di daerah-daerah. Tetapi menurut ESDM, laporan itu belum tentu benar, harus dilihat langsung untuk diverifikasi kebenarannya," kata Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana, saat ditemui indoPetroNews.com di Kementerian ESDM, Senin (11/4/2016) di Jakarta Pusat.

Menurut penuturan Rida, banyak (PLTS rusak), tapi baru laporan dari daerah. "Kalau mereka tulis rusak berat, kami harus cek dulu ke sana. Ada kalau hanya sekedar laporan dari mereka. Jadi, harus dicek dan ricek dulu, " Rida.

Kerusakan yang terjadi, sambungnya, bisa jadi hanya kerusakan kecil yang dapat diperbaiki dengan mudah. "Bisa jadi rusak ringan bisa diperbaiki, harus sepengetahuan teknisinya," tandas Rida.

Rida mencontohkan, PLTS Daruba di Pulau Morotai, Maluku Utara, dilaporkan mangkrak ke Jokowi. Setelah didatangi langsung oleh Jokowi, ternyata PLTS Daruba hanya mengalami kerusakan kecil dan masih bisa beroperasi normal. "Harus dicek ulang ke lapangan, jangan salah kasih info seperti kejadian di Morotai sana, membingungkan semua pihak," ujarnya.

"Kita lagi menyusun tabelnya, kita akan ke lapangan untuk melakukan verifikasi (PLTS rusak). Yang disebut dalam laporan rusak berat, dengan rusak berat menurut kita kan beda," kata Rida.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti sejumlah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia Timur.

Jokowi menyebut bahwa pengelolaan dan perawatan yang kurang baik sebagai penyebab mangkraknya PLTS di berbagai daerah. Akibatnya, PLTS yang dibangun dari uang rakyat menjadi proyek buang-buang duit, ujung-ujungnya tidak bermanfaat bagi masyarakat. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login