IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Lombok Jadi Lokasi Syuting Film Bollywood

Lombok Jadi Lokasi Syuting Film Bollywood

Written By Indopetro portal on Friday, 8 April 2016 | 16:03

LOMBOK – Prestasi besar dengan penghargaan juara dunia halal destination yang disandang Lombok, NTB, mulai berimbas ke ranah film. Lewat Konsul Jenderal, Amarieet Singh, Pemerintah India, mengaku tertarik menjadikan NTB sebagai tujuan lokasi syuting film-film Bollywood. "Pagi tadi Konsul Jenderal India membahas keinginan itu di ruangan saya. Intinya pemerintah India ingin mempererat kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di bidang film dan pariwisata," terang  Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, Jumat (8/4).

Amin mengaku senang mendengar keinginan Konjen India tadi. Maklum, Bollywood adalah industri film terbesar kedua di dunia setelah Hollywood. Pengagumnya sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Dari mulai Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Khushi Kabhie Gham, Chaiyya Chaiyya, My Name is Khan hingga 3 Idiots, semuanya laris manis termasuk ke pasar Indonesia. Semuanya nge-boom dan membuat orang terpana dengan karya kebudayaan India.

Aktor dan aktrisnya? Jangan ditanya lagi. Sejak tahun 2000 SRK, Salman Khan, Aamir Khan, Saif Ali Khan, Hrithik Roshan, Aishwarya Rai, Preity Zinta, Kareena Kapoor, Priyanka Chopra, Abhishek Bachchan, Ritesh Deshmukh hingga yang paling junior seperti Deepika Padukone dan Ranbir Kapoor punya banyak fans di seluruh dunia.

Dan setiap tahunnya, selalu ada satu artis Bollywood yang ditunjuk jadi juri Cannes. Deepika Padukone yang baru tiga tahun jadi aktris saja sudah ditunjuk jadi juri Cannes. Tidak hanya menjadi juri tetapi juga beberapa film Bollywood bisa tayang premier di Cannes setiap tahunnya.

"Bollywood juga sudah menembus Oscar dua kali. Pertama, waktu Lagaan menjadi nominasi Best Foreign Language Picture. Kedua, saat Slumdog Millionaire menggondol banyak penghargaan termasuk Best Picture. Kalau film-film seperti itu dibuat di NTB, bisa dibayangkan dampaknya bagi daerah? Nama NTB mungkin bisa makin berkibar lagi," tambah Amin.

Dari pertemuan awal, Amin melihat Konjen India sangat senang melihat keindahan alam NTB, khususnya Lombok. Karakter alam NTB dinilai sangat cocok untuk dijadikan latar belakang film-film produksi Bollywood.

Kawasan Samota juga ikut dilirik. Kawasan ini dinilai sangat pas untuk dijadikan lokasi syuting film Bollywood lantaran di sana tak hanya menyediakan panorama pariwisata saja. Ada panorama kemaritiman dan perkebunan yang tak kalah eksotisnya. "Kebetulan di Rinjani kita juga punya bioskop khusus untuk memutar film-film yang India. Jadi ketemu chemestry-nya. Cocoklah," lanjutnya.

Menpar Arief Yahya menyabut gembira rencana perusahaan film India yang akan menggunakan setting Lombok sebagai tempat syuting. Lombok punya banyak keistimewaan, punya laut yang jernih, alam bawah laut yang hidup dan terawat, punya pasir putih yang keren, punya gunung Rinjani, punya hutan, yang semua angel itu bisa didapatkan dengan sangat variatif di Lombok. Tidak harus ke mana-mana, cukup ke pulau itu.

Arief Yahya teringat banyak film yang menginspirasi destinasi wisata naik level menjadi berkelas dunia. Thailand punya Pulau James Bond, gara-gara film detektif khas Inggris itu mengambil lokasi syuting di Koh Ping Ghan. Juga Twin Tower Kuala Lumpur Malaysia yang pernah dibuat termasyhur oleh Sean Connery dalam film Entrapment 1999. New Zealand juga ngetop setelah film The Lord of the Rings, menggunakan lokasi di sana 2012-2014. Julia Robert dengan Eat, Pray, Love di Bali. “Siapa tahu Lombok bisa ikut ngetop dari film-film garapan Bollywood,” kata Arief Yahya.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login