IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM: Harus Ada Political Will untuk Reformasi Energi

Menteri ESDM: Harus Ada Political Will untuk Reformasi Energi

Written By Indopetro portal on Friday, 1 April 2016 | 08:14

indoPetroNews.com-Reformasi dari energi fosil ke energi baru terbarukan adalah keharusan. Tapi ada syaratnya yaitu mesti ada political will. Demikian ditegaskan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Lebih jauh Sudirman mengungkapkan Indonesia memerlukan dana sekitar Rp 260 triliun untuk melakukan reformasi energi, khususnya energi konvensional ke energi baru terbarukan (EBT). "Rp 260 triliun untuk mereformasi energi. Mereformasi yang biasanya mengandalkan energi dari fosil ke energi baru terbarukan," ujar Sudirman Said.

Sudirman menerangkan, dana Rp 260 triliun itu di antaranya untuk 10 tahun akan datang yang digunakan menyubsidi EBT. "Reformasi juga sebagai pendorong perekonomian," kata Sudirman. Ia menambahkan, EBT bisa dibangun di daerah terpencil dan bisa berkelanjutan, karena sumbernya ada di daerah tersebut. Berbeda dengan migas atau batu bara yang bisa habis hingga 60 tahun mendatang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana, menyatakan bahwa pemerintah Swiss sangat antusias menjalin kerjasama dengan Indonesia dalam pengembangan energi baru terbarukan.

"Mereka tidak hanya akan menawarkan barang tetapi juga berniat membangun pabrik dan sediakan jasa konsultasi," kata Rida kepada indoPetroNews.com Kamis petang (31/3/2016) seusai menerima Wakil Presiden Swiss Doris Leuthard di Hotel Borobudur Jakarta.

Rida mengutarakan bahwa dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Swiss beserta jajarannya, pihak Swiss sangat antusias untuk membantu Indonesia dalam pengembangan energi matahari, hydro, biomasa dan angin. "Mereka juga menanyakan tentang kebijakan pemerintah, seperti insentif, tarif dan target pencapaian energi baru terbarukan di sini," tandas Rida. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login