IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Menunggu PoD, Pemasaran dan Penjualan Gas Masela Belum Dibahas

Menunggu PoD, Pemasaran dan Penjualan Gas Masela Belum Dibahas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 13 April 2016 | 11:01

indoPetroNews.com-Skema penjualan dan pemasaran gas Blok Masela hingga kini belum ada pembahasannya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Amien Sunaryadi.

“Tahapannya adalah Plan of Development (PoD) disetujui terlebih dulu dan final. Kemudian langkah berikutnya adalah mulai membuat final investment decision (FID). Setelah itu baru mencari pembelinya,” kata Amien Sunaryadi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang rapat Komisi VII Gedung DPR RI pada Selasa petang (12/4/2016) Jakarta Pusat.

Setelah FID selesai dan hitung-hitungan cost selesai, dan pembeli dan komersialisasinya selesai, kata Amien, barulah dapat diputuskan off taker atau komersialisasinya. “Pihak SKK Migas memfasilitasi pertemuan antara Pertamina dengan Inpex Corporation sebagai salah satu operator Blok Masela,” papar Amien.

Sekadar informasi, PoD Blok Masela sebenarnya telah disetujui pemerintah pada Desember 2010, yaitu 12 tahun setelah kontrak pengelolaan blok tersebut diperoleh Inpex Masela tahun 1998. Dalam PoD itu, Blok Masela dijadwalkan mulai berproduksi (on stream) tahun 2018 dengan volume produksi 355 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan produksi kondensat sebanyak 8.400 barel per hari (bph).

Namun dalam perkembangannya, pengelolaan gas Blok Masela menjadi perdebatan dan kontroversi. Bahkan sempat menimbulkan perbedaan tajam antara Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli tentang skema pembangunan kilangnya di onshore atau offshore.


Akhirnya, Presiden Jokowi memutuskan bahwa pembangunan kilang gas Blok Masela dilakukan secara onshore. Keputusan ini pun menyebabkan PoD yang telah disetujui tersebut harus diubah dan disesuaikan dengan kondisi skema pembangunan on shore seperti diputuskan Presiden Jokowi. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login