IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Nasib RUU Migas Masih Belum Menentu

Nasib RUU Migas Masih Belum Menentu

Written By Indopetro portal on Wednesday, 20 April 2016 | 13:28

indoPetroNews.com- Revisi Undang-undang No.22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi masih belum menentu pengesahannya, kendati publik berharap revisi UU tersebut dapat segera dilakukan segera sebagai bentuk mengoptimalkan tata kelola hulu migas.

Anggota Komisi VII DPR RI, Satya Yudha mengakui, saat ini belum mengetahui secara pasti waktu revisi UU No. 22 Tahun 2001 disahkan. "Saya belum tahu apakah akhir 2016 sudah bisa. Yang jelas revisi UU ini sebagai inisiatif DPR. Kini posisinya DPR sudah mengumpulkan pandangan-padangan secara komprehensif dari berbagai elemen masyarakat, khususnya akademisi dan praktisi. Artinya, DPR tinggal menunggu pembahasan dengan pemerintah dan rapat paripurna," ungkap Satya kepada indoPetroNews.com di Jakarta, Rabu, (20/4).

Ia berharap, proses revisi UU migas tidak ada halangan, sehingga dapat dilakukan dalam waktu dekat pengesahan sesuai dengan tuntutan pubik untuk membangun industri hulu migas nasional yang lebih baik.

Sebelumnya, Pengamat Energi dari Universitas Trisakti Jakarta, Pri Agung Rakhmanto, sampai saat ini UU migas masih memiliki ketidakpastian dari aspek hukum hingga bisnis di sektor hulu hingga hilir di industri migas.
"Pasca Badan Pelaksana Usaha Hulu Migas (BP Migas) dibubarkan oleh Mahkamah Konsitusi (MK) dan berubah menjadi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Migas (SKK Migas), mekanisme kontrak Production Sharing Contract (PSC) belum mencapai pada filosofi dasar tata kelola hulu migas," terangnya.

Hal itu terjadi karena dari mekanisme kontrak saja Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) menjalankan bisnis langsung ke pemerintah atau melalui government to business (G to B). "Seharusnya jika murni bisnis jalannya businees to business (B to B),” katanya.(**)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login