IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pengamat: Lebih Baik Pertamina Ikut Kelola Blok Masela

Pengamat: Lebih Baik Pertamina Ikut Kelola Blok Masela

Written By Indopetro portal on Friday, 1 April 2016 | 08:10

indoPetroNews.com-Bila Blok Masela habis kontraknya, Blok gas di Maluku ini pun akan jatuh ke Pertamina. Karena itu, sebaiknya Pertamina diperbolehkan untuk turut serta dalam mengelola Blok Masela. Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan plat merah ini? 

“Tidak seperti kasus Blok Mahakam. Pertamina baru masuk dan baru mempelajari karakteristik dan risiko produksi dan lain semacamnya,” kata Komaidi Notonegoro, Direktur Eksekutif Reforminer Institute, kepada indoPetroNews.com Jumat (1/4/2016) di Jakarta.

Selain itu, kata Komaidi, bila terlibat sejak awal terlibat, Pertamina dapat menempatkan tenaga kerja di sana. “Pertamina dapat memantau profil gas Blok Masela seutuhnya sehingga pada saat Pertamina harus mengambilalih di kemudian hari maka hal ini tentu akan memudahkannya,” ungkap dia.

Namun Komaidi mengaku tidak mengetahui apakah Pertamina diizinkan untuk turut serta dalam mengelola Blok Masela. “Seandainya Pertamina diakomodir untuk turut mengelola gas Blok Masela, tentu skemanya business to business. Dan ini akan lebih baik,” kata Komaidi.

Kalau Inpex dan Shell mau menjual sharenya kepada Pertamina, kata Komaidi, Pertamina harus masuk dengan membeli. “Atau katakanlah Pertamina mau menukar dengan share di tempat lain karena Pertamina memiliki Blok di luar negeri . kemudian Inpex dan Shell masuk di Blok tersebut dengan catatan tukar gulingnya Pertamina diijinkan masuk di Blok Masela,” papar Komaidi.

Sebab di masa mendatang, lanjut Komaidi, kalau gas Blok Masela habis masa kontraknya (30-40 tahun mendatang) jatuhnya ke Pertamina juga. Jadi, kalau Pertamina sudah ikut sejak awal maka akan tahu karakteristiknya. (Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login