IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Perkuat Posisi Pertamina, PGN-Pertagas Disatukan

Perkuat Posisi Pertamina, PGN-Pertagas Disatukan

Written By Indopetro portal on Thursday, 21 April 2016 | 07:46

indoPetroNews.com-Posisi Pertamina pada rancangan revisi Undang-undang No.22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (Migas) bakal diperkuat sebagai induk usaha atas semua holding usaha terkait migas. Posisi Pertamina dinilai perlu lebih diperkuat karena100 persen sahamnya milik pemerintah.

Anggota Komisi VII DPR RI, Satya W Yudha mengatakan, posisi Pertamina sebagai induk usaha atas semua holding usaha terkait migas membuat Perusahaan gas Negara (PGN) dan Pertamina Gas (Pertagas) mesti dimerger. "Penyatuan itu (PGN-Pertagas) juga akan memberi banyak dampak positif. Diantaranya saham milik publik dari PGN akan otomatis berkurang skalanya. Ke depan lambat laun saham publik itu dapat dikuasai negara lagi, walaupun saham itu tidak perlu dulu langsung dibeli negara," terang Satya.

Selain itu, lanjutnya, akan jauh lebih efisien dan efektif dalam operasional karena penggunaan infrastuktur bisa dilakukan bersama. "Tak perlu membangun jaringan pipa masing-masing," terangnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indef, Enny Sri Hartati menyatakan, pemerintah harus waspada terkait posisi kepemilikan saham yang ada di luar pemerintah dalam pembentukan holding tersebut. Hal ini mengingat PGN merupakan perusahaan pelat merah go public yang sebagian sahamnya dimiliki oleh swasta.

"Apalagi ini akan memengaruhi policy dan pemanfaatan upaya holding itu sendiri. Jangan sampai nanti ada penumpang gelap yang mendapatkan kemanfaatan bukan masyarakat," terangnya.(**)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login