IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Incar Blok Migas yang Berakhir Masa Kontrak

Pertamina Incar Blok Migas yang Berakhir Masa Kontrak

Written By Indopetro portal on Wednesday, 20 April 2016 | 07:44

indoPetroNews.com- PT Pertamina (Persero) kembali menargetkan target akuisisi terhadap sejumlah blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir masa kontraknya. Kali ini, ada empat blok yang diincar perusahaan plat merah ini, yakni Blok East Kalimantan, Sanga-Sanga, Join Operating Body (JOB) Tuban dan JOB Ogan Komering.

Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina, Denie S.Tampubolon mengatakan, saat ini sudah diajukan permohonannya. "Pertimbangan Pertamina mengajukan minat mengelola empat blok tersebut berdasarkan potensi yang dimilikinya," terang Denie, (!9/4).

Ia mengatakan, untuk Blok Sanga-Sanga, Pertamina sudah melihat potensinya sejak mendapatkan izin membuka ruang data atau data room sejak Januari 2016. Meski begitu, Pertamina harus bersaing dengan VICO Indonesia karena operator blok ini menyatakan minatnya untuk terus mengelola blok tersebut setelah masa kontraknya berakhir 2018.

Menurutnya, mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 15 tahun 2015, pemerintah memiliki tiga opsi untuk memutuskan pengelolaan blok migas yang akan berakhir masa kontraknya. Pertama, perpanjangan kontrak oleh kontraktor lama. Kedua, pengelolaan oleh Pertamina. Ketiga, pengelolaan bersama antara kontraktor lama dan Pertamina.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, saat ini ada delapan blok yang masa kontraknya akan berakhir hingga 2018. Pertama, Blok Tuban yang saat ini dikelola oleh Join Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Jawa. Di blok itu, CNPC memiliki hak pengelolaan sebesar 12,5 persen, Pertamina 75 persen dan Petrochina 12,5 persen. Blok ini memiliki cadangan minyak 27.884 million stock tank barrels (MTSB) dan cadangan gas 20,60 billion standard cubic feet (bscf).(**)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login