IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Siap Kelola Blok Masela

Pertamina Siap Kelola Blok Masela

Written By Indopetro portal on Tuesday, 5 April 2016 | 08:29

indoPetroNews.com- PT Pertamina (Persero) sebagai badan usaha milik negara menegaskan komitmennya untuk turut serta dalam pengelolaan Blok Masela di Maluku. Bagaimana wujud kesiapan dan persiapannya?

“Kita menyatakan keberminatan kita. Dan sekarang saya kira sedang dibahas di pemerintahan dan sebagainya,” tegas Direktur Utama (Dirut) Pertamina Dwi Soetjipto kepada indoPetroNews.com pada Senin petang (4/4/2016) di kantor Pertamina Pusat, Jakarta.

Dwi Soetjipto juga mengutarakan bahwa pihaknya telah diberikan ruang untuk mengakses data-datanya.  “Kita juga sudah mulai diberikan akses untuk mempelajari  data-data Blok Masela,” tandas Dwi Soetjipto.

Saat ditanyakan apakah kesiapan Pertamina tersebut telah pula disampaikan ke Inpex, Dwi Soetjipto mengatakan tanpa ragu, “Sudah, sudah ya”. Bahkan, lanjut Dwi Soetjipto, keberminatan Pertamina telah disampaikan sebelum Presiden Jokowi memutuskan pengelolaan kilang Blok Masela dengan skema on shore.

Walaupun demikian, pihak Pertamina belum dapat memastikan jumlah prosentasi keikutsertaan modalnya. “Nanti kita lihat dulu. Nilainya berapa dan kemampuannya berapa,” jelas Dwi Soetjipto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Amien Sunaryadi pun menyebutkan bahwa Pertamina pernah menyatakan ingin ikut masuk.

“Kemudian SKK Migas memfasilitasi pertemuan awal. Pembicaraan selanjutnya itu tergantung pembicaraan bisnis to bisnis antara Inpex dengan Pertamina,” papar Amien.


Menurut catatan, kontrak bagi hasil Blok Masela ditandatangani pada 1998 dan berakhir pada 2028. Inpex memegang saham 65% dan Shel mengantongi saham 35%. (Sofyan) 
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login