IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » PGN Targetkan Bangun Pipa Gas Hingga 1.680 km di 2019

PGN Targetkan Bangun Pipa Gas Hingga 1.680 km di 2019

Written By kusairi kusairi on Saturday, 9 April 2016 | 10:58

indoPetroNews.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), terus mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi di tahun 2016 ini. Perusahaan ini menjanjijikan akan terus mengambil insiatif membangun dan mengembangkan infrastruktur ke berbagai segmen pelanggan.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) kepada sejumlah media di Jakarta, Jum'at (8/4) mengatakan, sampai tahun 2019, PGN menargetkan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang lebih dari 1.680 km. Proyek pembangunan pipa gas bumi tersebut akan tersebar di berbagai daerah antara lain proyek pipa transmisi open access Duri-Dumai-Medan, pipa transmisi open access Muara Bekasi-Semarang, pipa distribusi Batam (Nagoya) WNTS-Pemping, dan pipa distribusi gas bumi di wilayah eksisting dan daerah baru lainnya.

Di sektor transportasi, papar Hendi,  PGN juga akan membangun 60 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) hingga tahun 2019. SPBG tersebut akan dibangun di sejumlah daerah antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara.

"Saat ini PGN telah mengoperasikan 5 unit SPBG dan menyalurkan gas bumi ke 14 SPBG mitra. PGN juga menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi dengan menggunakan Mobile Refueling Unit (MRU) di beberapa lokasi seperti di IRTI Monas, Waduk Pluit dan Gresik," katanya.

Untuk mendukung percepatan penggunaan gas bumi di sektor rumah tangga, PGN akan terus mengembangkan jaringan gas secara mandiri di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, PGN juga mengelola jaringan gas bumi dari penugasan Kementerian ESDM di 11 kabupaten/kota di Indonesia sebanyak 43.337 sambungan rumah tangga (SR).

Di tahun 2016 perusahaan akan terus mengoptimalkan infrastruktur yang telah dibangun. Fasilitas Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung yang dikelola PT PGN LNG Indonesia, anak usaha PGN, tahun ini akan menyalurkan Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair sebanyak 1,1 juta meter kubik, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Jawa Bagian Barat dan Sumatera Bagian Selatan.

"Pada 2 April ini 1 kargo LNG telah diterima oleh FSRU Lampung dari Kilang Tangguh Papua. PGN LNG juga sedang melakukan negoisasi untuk mendapatkan kargo LNG tambahan dari sumber lain," tegas Hendi.

“Pembangunan infrastruktur merupakan investasi jangka panjang yang dibutuhkan untuk memperluas pemanfaatan gas bumi. Karena itu, PGN akan terus mengambil inisiatif dan terobosan yang memungkinan gas bumi semakin berperan penting dalam memenuhi kebutuhan energi nasional,” pungkas Hendi.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login