IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » PLTS Mangkrak Akibat Tidak Ada MoU dengan PLN dan Minimnya Feed-in Tarif

PLTS Mangkrak Akibat Tidak Ada MoU dengan PLN dan Minimnya Feed-in Tarif

Written By Indopetro portal on Friday, 8 April 2016 | 09:42

indoPetroNews.com-Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sejatinya bukan pilot project, melainkan proyek riil yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian ESDM.

“Bila faktanya ada PLTS jadi mangkrak karena waktu membangun tidak disertai dengan purchase agreement yang kuat dengan PLN maupun masyarakat. Mestinya PLTS yang dibiayai dari APBN tersebut harus diperlakukan sama seperti SPBG ataupun jaringan gas kota,” kata Yusri Usman, Direktur Eksekutif Lembaga Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) kepada indoPetroNews.com Jumat (8/4/2016) di Jakarta.

SPBG dan jaringan gas kota, lanjut Yusri, diserahkan operatorshipnya ke PGN maupun Pertagas. “PLTS juga diikat dengan penyerahan operatorship ke PLN. Selanjutnya dibuatkan peraturan bahwa feed-in tarif nya ke grid PLN boleh diatas TDL. Kalau tidak ada kebijakan feed-in tarrif ini maka jelas PLN (disaat harga solar murah) akan membiarkan PLTS tersebut ambruk,” papar Yusri. Kebijakan tersebut, yang dimaksud sebagai pricing policy terhadao renewable energy.

Jadi, PLTS mangkrak terjadi akibat tidak adanya perjanjian operatorship dengan PLN dan tidak ada kebijakan soal feed-in tarif. Akibatnya saling lempar tanggung jawab antara ESDM, PLN, dan Pemda (BUMD yang seringkali ditunjuk sebagai pengelola).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti banyaknya PLTS yang mangkrak usai dibangun. Jokowi menyebut, pengelolaan dan perawatan yang kurang baik sebagai penyebab mangkraknya PLTS di berbagai daerah. Akibatnya, PLTS yang dibangun dari uang rakyat menjadi proyek buang-buang duit, ujung-ujungnya tidak bermanfaat bagi masyarakat. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login