IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Rektor Upantti: Kita Siap Didik Mahasiswa Berkontribusi di Blok Masela

Rektor Upantti: Kita Siap Didik Mahasiswa Berkontribusi di Blok Masela

Written By Indopetro portal on Thursday, 7 April 2016 | 09:00

indoPetroNews.com-Proses rekrutmen calon mahasiswa di Universitas Pattimura (Unpatti) bersifat khusus terkait penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pengoperasian gas Blok Masela.  Apa kekhususannya?

“Calon mahasiswa  yang akan kita rekrut itu tidak melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan lainnya. Mereka kita perlakukan khusus,” kata Universitas Pattimura Prof Dr MJ Saptenno kepada indoPetroNews.com di Jakarta. Hal ini agar jumlah yang ditargetkan dalam pelibatan proses pengoperasian gas Blok Masela signifikan.

Proses rekrutmen calon mahasiswa akan dilakukan pada Juli nanti. Namun Saptenno belum dapat menentukan jumlah calon yang akan direkrut.

“Tetapi yang pasti kita akan semaksimal mungkin mendidik orang-orang Maluku yang ada di Maluku supaya mereka dapat berpartisipasi secara langsung dalam proses pengolahan Sumber Daya Alam (SDA) di Blok Masela,” papar Saptenno.

Menurut catatan, berdirinya Universitas Pattimura bermula pada saat beberapa tokoh masyarakat mengambil prakarsa untuk mendirikan suatu lembaga Pendidikan Tinggi di Maluku yang dimulai oleh seorang tokoh pendidikan yaitu Dr. J. B. Sitanala (almarhum).

Dr. J. B. Sitanala adalah seorang dokter, tokoh di Maluku yang berjasa dalam bidang kemasyarakatan pada urnumnya dan bidang pendidikan pada khususnya. Prakarsa diambil untuk mewujudkan aspirasi rakyat yang berpartisipasi dalam pembangunan Bangsa dan Negara terutama dalam bidang Pendidikan Tinggi dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan.

Untuk mewujudkan cita-cita yang luhur itu dibentuk suatu Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat pada tanggal 20 Juli 1955 yang diketuai oleh Cornelis Loppies. Pada tanggal 3 Oktober 1956 Yayasan tersebut berhasil mendirikan Fakultas Hukum, yang kemudian tanggal ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Pattimura. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login