IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Uniknya Strategi Negara Memilih Para Kontraktor KKS

Uniknya Strategi Negara Memilih Para Kontraktor KKS

Written By Indopetro portal on Friday, 15 April 2016 | 08:42

indoPetroNews.com-Saat Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) melakukan kontrak kerja sama dengan pemerintah ada keunikannya.  Apa keunikannya?

“Kontrak kerjasama ini cukup unik. Salah satu yang diciptakan untuk mengamankan bumi, air dan kandungan di dalamnya maka para kontraktor memang datang dan dipilih oleh Negara ya cukup unik. Karena sifatnya kontrak kerjasama,” kata Arief Sukma Wijaja, Kepala Divisi Pemeriksaan Penghitungan Bagian Negara dalam paparannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pemeriksaan Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Kamis, (14/4/2016) di Jakarta. .

Keunikannya, ungkap pria kelahiran Jember Jawa Timur, negara memilih para kontraktor pun dengan cara unik. “Pilihannya kontraktor itu yang pinter, yang punya teknologi tinggi, duitnya banyak (bonafit), yang mampu menanggung resiko. Negara, paling tidak, berhasil mendapatkan 250 kontraktor dengan kriteria tersebut,” tandas Arief.

Rupanya, tambah Arief, strategi memilih para kontraktor ini digunakan oleh Bupati Bojonegoro Jawa Timur dalam menghadapi rakyatnya. “Sang bupati bertanya kepada rakyatnya siapa yang sebenarnya memiliki tanah. Kemudian dijawab oleh rakyatnya bahwa pemiliknya adalah mereka, masyarakat dan warga Bojonegoro. Sementara para kontraktor itu yang membantu pemerintah untuk mengeluarkan apa yang ada di dalamnya (minyak dan gas),” papar Arief.

Karena itu, lanjut Arief, sang bupati meminta masyarakat Bojonegor untuk tidak mengganggu para kontraktor. “Mereka selain mencari minyak dan gas juga harus menalangi biayanya terlebih dahulu. Maka tugas kita adalah membantu para kontraktor untuk bekerja mengambil minyak dan gas dari dalam tanah,” kata Arief, sembari mengimbuhkan para kontraktor pun ketika akan bekerja diminta harus mengajukan rencana kerja anggaran (RKA) dan kemudian dievaluasi oleh pihak SKK Migas. (Sofyan)  
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login