IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Arab Saudi Tingkatkan Produksi Minyak Timbulkan Persoalan Besar

Arab Saudi Tingkatkan Produksi Minyak Timbulkan Persoalan Besar

Written By Indopetro portal on Friday, 20 May 2016 | 15:59

indoPetroNews.com-Perusahaan minyak asal Arab Saudi, Saudi Aramco, sangat percaya diri bahwa produksi minyak negaranya saat ini bakal melonjak kapasitasnya. Hal tersebut diutarakan oleh CEO Saudi Aramco, Amin Nasser.

Padahal, sebelumnya ada wacana penahanan produksi untuk menggenjot harga minyak. Rencana ini digulirkan Nasser seiring dengan penjualan saham Saudi Aramco, yang dapat bervaluasi pada kisaran 2 triliun dollar AS.

Valuasi tersebut amat besar, hingga 4 kali lipat valuasi saham Apple. "Penjualan 5 persen saham Saudi Aramco merupakan rencana yang menarik sebagai bagian dari rencana melipatgandakan ukuran ekonomi Arab Saudi pada tahun 2030," kata Nasser .

Selain itu, langkah ini juga berguna untuk mengurangi ketergantungan negara itu pada sektor migas. Namun, diversifikasi ini tidak berarti mengganti peran bahan bakar fosil.

Rencana yang dinamakan Visi 2030 ini akan mengalihkan uang dari minyak untuk investasi di sektor seperti petrokimia, pertambangan, pariwisata, dan konstruksi.

Harapannya adalah untuk melipatgandakan ukuran ekonomi dan menciptakan 6 juta lapangan kerja di Arab Saudi dalam kurun 15 tahun.

Ini adalah langkah yang besar bagi negara yang menggantungkan sekitar 90 persen pendapatan ekonominya pada minyak.

Kalau rencana peningkatan produksi minyak akan benar terealisasi, maka ini akan menciptakan masalah lebih besar bagi negara-negara produsen minyak lainnya seperti Venezuela dan Nigeria. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login