IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Batam Bintan "Tabrakan" Wisman v Wisnus

Batam Bintan "Tabrakan" Wisman v Wisnus

Written By Indopetro portal on Monday, 9 May 2016 | 14:03

petroWisata.indoPetroNews.com-Batam-Bintan yang sering disebut dengan istilah Great Batam, habis ludes diserbu wisawatan nusantara dan mancanegara di libur panjang 5-8 Mei 2016. Ini agak anomali, seharusnya wisman asal Singapore biasanya datang pada saat week end. Celakanya, liburan tanggal merah bersamaan dengan week end, maka terjadilah "tabrakan" antara wisman dan wisnus di sana. Dampaknya, semua hotel dan sarana rekreasi olahraga penuh sesak.

Penumpang membeludak di bandara dan pelabuhan feri di dua pulau itu. Hotel-hotel dari kelas melati hingga bintang empat juga penuh. Destinasi wisata berpanorama keren selalu ramai. Bahkan sembilan lapangan golf yang tersebar di Batam dan Bintan, ikut-ikutan diserbu wisatawan asal Singapore.

“Tren kunjungan wisawatan ke Batam dan Bintan naik terus. Tren baru sekarang, adalah pergerakan wisnus dari Batam dan Tanjungpinang sejak dibukanya wahana baru Crystal Lagoon di Treasure Bay Bintan,” terang Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepulauan Riau, Guntur Sakti, Minggu (8/5).

Crystal Lagoon di Treasure Bay ini memang sangat keren. Di sini wisatawan bisa berkemah ala princess. Bangunan penginapannya terbuat dari kain terpal, tapi dalamnya sangat mewah. Lampu kristal menjuntai berkelap-kelip tertepa sinar dengan ranjangnya berkelambu menjuntai hingga ke lantai. Tak pernah khawatir akan hujan ataupun panas karena AC setia menemani mengatur suhu di dalam ruangan.

Ranjangnya pun empuk dengan selimut hangat dan bantal bulu angsa. Dekorasi interior bergaya vintage , terkesan jadul tapi elegan. Inilah laguna buatan terbesar dan pertama di Asia Tenggara “Wisatawan banyak yang suka dengan penginapan berkonsep safari seperti itu. Sekelilingnya ada hutan mangrove, perumahan , fasilitas umum dan kolam air asin seluas 6,3 hektar Di kawasan ini, wisatawan juga bisa aman melakukan aktivitas sea sport seperti cable ski dan bungee jumping,” tambah Guntur.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira ikut mengamini. Keberadaan Crystal Lagoon di Treasure Bay, menurutnya, menjadi jurus pemikat yang sangat ampuh untuk menggoda wisatawan. Imbasnya, saat libur panjang ini, sebanyak 2.300 kamar yang ada di Bintan terisi penuh. “Dari Kamis-Sabtu, kunjungan wisatawan ke Bintan mencapai 3.600 orang. Sebanyak 90 persen di antaranya adalah wisatawan nusantara,” papar Luki.

Enam lapangan golf di Batam, yaitu Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Palm Spring Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf, Padang Sukajadi Golf serta tiga lapangan di Bintan, seperti Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf Club, Laguna Bintan Golf Club juga tak pernah sepi.

Wisatawan asal Singapore banyak yang menghabiskan waktu di lapangan-lapangan golf berpanorama eksotis di tempat-tempat tadi. "Di libur panjang ini kami benar-benar sibuk. Banyak warga Singapore yang main di sini. Yang tidak bisa kebagian spot, terpaksa mencari di Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf, Padang Sukajadi Golf serta tiga lapangan di Bintan. Saya dengar semuanya juga full. Yang main mayoritas dari Singapore,” terang Steven Japari, General Manager Palm Springs Golf & Beach Resort.

Kabag Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, bisa memaklumi membludaknya kunjungan wisatan ke daerah Batam dan Bintan. Dari paparannya, indikatornyo sudah terlihat jelas sejak Selasa (3 Mei 2016. Jika pada hari biasa, yang datang ke Batam jumlahnya di kisaran 4.000-an, mulai Selasa (5/5), penumpang yang masuk Batam melonjak menjadi 7.800-an penumpang. Sehari setelahnya, Rabu (4/5), jumlahnya naik menjadi 8.000 penumpang. Sementara pada Kamis (5/5), pengunjung yang datang mencapai 8.500 penumpang. "Ada kenaikan sekitar 20 persen. Itu sebabnya industri pariwisata kewalahan," tutur Kabag Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso.

Suasana pelabuhan juga tak kalah ramai. Kepala Syahbandar Pelabuhan Telagapunggur, Erwin Syahrizal, mengatakan kondisi pada Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) sangat ramai. "Penumpang yang datang ke Batam sebanyak 4.962 orang. Jumlah pelayaran pada hari itu, sebanyak 87 kali. Kamis dan Jumat tak jauh beda," ungkap Kepala Syahbandar Pelabuhan Telagapunggur, Erwin Syahrizal.

Tabrakan wisma v wisnus di akhir pekan memang tidak bisa dihindarkan. Tapi tabrakan kali ini membawa berkah buat industri pariwisata di Batam-Bintan. Hotel penuh, golf course penuh, amenitas full, dan banyak orang yang gagal ke sana karena kehabisan stok kamar. "Karena itu saya mengundang kepada semua investor, saat inilah masa yang tepat untuk berbisnis amenitas di objek wisata. Silakan, kembangkan terus industri pariwisata kita! Kami akan terus mempromosikan Wonderful Indonesia ke mancanegara," kata Menpar Arief Yahya.

"Bikin kalender event sebanyak-banyaknya yang bisa mendatangkan wisman. Promosikan di pasar yang tepat. Gunakan seluruh kekuatan untuk promosi, terutama digital. Khusus Batam Bintan, perbanyak event, sebulan minimal 2 kali, pakai music yang universal, dengan artis yang dikenal di Singapore, saya yakin great Batam bakal maju lebih cepat,"kata Arief Yahya.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login