IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Bisa Dizinkan, Operasi Migas di Hutan Konservasi

Bisa Dizinkan, Operasi Migas di Hutan Konservasi

Written By Indopetro portal on Friday, 20 May 2016 | 09:15

indoPetroNews.com-Kegiatan eksplorasi dan pengeboran minyak dan gas (migas) di daerah hutan konservasi harus mendapatkan izin. “Aturannya memang ada. Untuk hutan konservasi, misalnya kita perlu untuk mendapatkan Ijin Penggantian Pemakaian Kawasan Hutan (IPPKH),” kata Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Muliawan kepada indoPetroNews.com Kamis (19/5/2016) di Jakarta.

Pihak Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) harus mengganti untuk menghutankan daerah/lokasi tertentu sebagai pengganti hutan yang telah dipakai sebagai lokasi kegiatan minyak dan gas.  

Menurut Muliawan memang ada peraturan yang di Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. “Kalau tumpang-tindih akan cukup memakan waktu,” ujar Muliawan, sembari mengimbuhkan bahwa hal tersebut ada mekanisme serta pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dirjen Kehutanan.

Sebagai catatan, Undang-Undang No. 41/1999 tentang Kehutanan yang disempurnakan melalui UU No. 19 tahun 2004, mengatur penggunaan kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan memang hanya dapat dilakukan di dalam kawasan hutan produksi dan kawasan hutan lindung. Untuk itu, Kementerian LHK mewajibkan setiap kegiatan di kawasan hutan mengajukan IPPKH.

Dalam surat edaran kepada lebih dari 50 kontraktor migas tersebut, SKK Migas menegaskan agar semua Kontraktor KKS yang beroperasi di daratan (onshore) melakukan inventarisasi ulang wilayah kerjanya untuk kemudian segera mengajukan IPPKH.

Jika sudah mengantongi izin itu maka Kontraktor KKS harus melaksanakan semua kewajiban yang diatur dalam undang-undang sesuai dengan jangka waktu berlakunya IPPKH. Jika Kontraktor KKS tidak segera mengajukan IPPKH maka segala risiko hukum, ekonomi atau risiko lain yang mungkin timbul bakal menjadi tanggung jawab Kontraktor KKS tersebut. (Sofyan)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login