IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dampak Signifikan Turunnya Harga Minyak pada Industri Perkapalan Migas

Dampak Signifikan Turunnya Harga Minyak pada Industri Perkapalan Migas

Written By Indopetro portal on Tuesday, 17 May 2016 | 08:33

indoPetroNews.com-Anjloknya harga minyak mentah di pasar global ternyata berdampak serius pada tumbuh dan kembangnya industri perkapalan hulu minyak dan gas (migas). Apa saja dampaknya?

“Dampak dari industry hulu migas kelihatan sekali ke industri perkapalan, termasuk galangan kapal. Pun juga dampak negatifnya,” kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Amien Sunaryadi, di Jakarta.

Seperti diketahui, industry hulu migas sekarang yang sedang menurun  karena harga minyak berada pada level 35 USD per barel. Karena industry hulu migas sedang menurun, imbuh Amien, maka order-order pembuatan kapal, modul-modul maupun pekerjaan integrasi dari hulu migas juga menurun.

“Akibatnya, saya lihat sendiri. Di sejumlah tempat, saya melihat 3 galangan kapal dan 4 pabrikasi dan melihat sejumlah pabrik-pabrik pendukung hulu migas, secara rata-rata, mereka beroperasi hanya pada level 30%. Karena order dari hulu migas sangat menurun,” ungkap Amien.


Menurut Amien, dirinya mengunjungi  4 pabrikasi dan 3 galangan kapal dan sekitar 5 pabrik. “Saya kunjungi selama 4 hari, dan setiap malam melakukan diskusi dengan beberapa pengusaha. Dari hasil diskusi tersebut, kira-kira menurut hemat saya, sudah lebih dari 100.000 pekerja yang sudah tidak bekerja lagi,” papar Amien. Jadi dampak hulu migas ke industry perkapalan, pabrikasi itu signifikan sekali. Kalau hulu migas tumbuh, lanjut Amien, mereka tumbuh. Kalau hulu migas turun, mereka juga turun.  (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login