IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Djoko Siswanto: Negara Mesti Menjamin Bila Gas Masela untuk Domestik

Djoko Siswanto: Negara Mesti Menjamin Bila Gas Masela untuk Domestik

Written By Indopetro portal on Thursday, 12 May 2016 | 08:45

indoPetroNews.com-Alokasi dan peruntukan gas alam dari Blok Masela diwacanakan. Akankah kebutuhan domestik menjadi prioritas? Bila gas dari Blok Masela dialokasikan separuh untuk domestik maka perjanjian jual beli gasnya harus cepat dilakukan. “Katakanlah PLN, dia teken,” kata Direktur Pembinaan Hulu Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto kepada indoPetroNews .com Kamis (12/5/2016) di Jakarta.

Atau, lanjut pria yang pernah menjadi salah satu petinggi di BPH Migas ini, ada jaminan dari negara untuk mengambil (menalangi) gas yang ada. Karena ketika memulai produksi maka pihak kontraktor harus kembali mengebor dan membangun fasilitas. Kalau sudah mulai produksi, terus tidak ada beli (gasny –red.) lalu jaminan pengembalian investasinya bagaimana,” tanya Djoko Siswanto.

Selama ini, kata Djoko Siswanto, perjanjian jual beli gas diteken terlebih dulu. “Di dalam perjanjian jual beli gas ada klausul take or pay (mengambil dan bayar). Nanti gasnya disimpan dulu untuk kemudian diambil suatu hari nanti,” ujarnya.

Namun, tambahnya, investor perlu pengembalian investasi. “Kalau itu enggak ada perjanjian jual beli gas maka negara harus menjamin bahwa gasnya akan diambil atau dibayar,” tandas Djoko.

Ketika ditanyakan apakah gas dari Blok Masela sudah dibagi alokasi dan peruntukannya, Djoko Siswanto mengatakan, “Belum. Tapi peruntukannya sudah ada, untuk petrokimia, listrik, dan segala macamnya. Kita ingin mempercepatnya”. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login