IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dorong Bisnis Hulu Migas Bergairah, Pemerintah Buat Aturan Open Data

Dorong Bisnis Hulu Migas Bergairah, Pemerintah Buat Aturan Open Data

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 May 2016 | 20:22

indoPetroNews.com-Masa depan Hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia dalam beberapa tahun terakhir diprediksi tidak akan cemerlang. Apa strategi pemerintah menghadapi kondisi yang tidak kondusif ini? Pemerintah merespon hal tersebut dengan menyiapkan aturan agar bisa membuka data migas sehingga mampu memancing para pengusaha berinvestasi di sektor hulu.

"Sekarang kita sedang menyiapkan Permen Open Data. Nanti orang dari seluruh dunia, silakan melihat data kita. Selanjutnya kalau tertarik, bisa datang bersama perusahaan ke Indonesia untuk melakukan studi lanjutan, lelang dan sebagainya,” kata Dirjen Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmajapuja di Jakarta.

Menurut Wirat, sapan akrabnya, kualitas data migas yang dimiliki Indonesia diakui memang masih bervariasi, masih bervariasi. "Ada yang bagus sekali, namun ada juga yang masih kasar atau bahkan belum ada data sama sekali," kata Wirat.

Namun pihaknya juga menegaskan bahwa para ahli masih meyakini Indonesia masih memiliki cadangan besar. "Diantaranya di Sumatera, Jawa, Kalimantan, sekitar Sulawesi, Papua dan laut dalam Maluku," imbuh pria yang dulu pernah menjabat staf ahli Menteri ESDM era Jero Wacik.

Lebih lanjut Wirat mengatakan, saat ini untuk melihat data migas, orang harus datang ke Indonesia dan dikenai biaya. Hal ini membuat iklim investasi menjadi kurang atraktif. Jadi jika aturan open data bisa rampung diharapkan iklim.investasi bisa menjadi lebih hidup dan cadangan - cadangan migas besar atau Big fish bisa kembali ditemukan.

Langkah pemerintah untuk melakukan open data migas terinspirasi kebijakan yang diambil oleh Norwegia saat membuka data-data migasnya, seperti data seismik.

Kebijakan ini, imbuh Pak Wirat, telah memancing para ahli geologi di berbagai penjuru dunia untuk meneliti potensi migasnya. "Dalam waktu 5 tahun, Norwegia telah berhasil menemukan cadangan-cadangan besar," paparnya.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login