IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dua Inti Penguatan Ketahanan dan Kedaulatan Energi Indonesia

Dua Inti Penguatan Ketahanan dan Kedaulatan Energi Indonesia

Written By Indopetro portal on Tuesday, 10 May 2016 | 20:26

indoPetroNews.com-Pemerintah mengusulkan dua hal pokok untuk turut memperkokoh konsep ketahanan dan kedaulatan energi. Apa saja dua hal pokok tersebut? "Pertama dana ketahanan energi, satu lagi untuk membangun Strategic Petroleum Reserve (SPR), untuk cadangan penyangga," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, di Jakarta.

Sudirman menyatakan tersebut terkait dengan pengajuan Rancangan APBN Perubahan (RAPBN-P) 2016 kepada DPR.  Sudirman belum mengetahui berapa dana yang bisa dialokasikan dalam APBN Perubahan 2016 untuk DKE dan juga membangun SPR. Jumlahnya tergantung kemampuan negara.

Meski begitu, Sudirman menegaskan dana ketahanan energi tidak akan dipungut dari penjualan BBM. "Akan dialokasikan dari APBN saja," ujar Sudirman. Sudirman juga belum bisa menjelaskan secara perinci mengenai pembangunan SPR, termasuk mengenai lokasinya. Sudirman menjelaskan pembahasannya belum sedetail itu. Namun, katanya, pemerintah sudah menegaskan komitmennya untuk memulai cadangan penyanggah.

"PR-nya masih banyak karena dari nol sama sekali sehingga memerlukan waktu dan perencanaan. Termasuk menyiapkan tempat penimbunannya," ucap Sudirman. Alokasi anggaran untuk kedua item ini menurut Sudirman tergantung kepada kemampuan negara. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login