IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Era Kini Eksplorasi Migas Makin Sulit

Era Kini Eksplorasi Migas Makin Sulit

Written By Indopetro portal on Wednesday, 18 May 2016 | 12:11

indoPetroNews.com-Efisiensi mutlak dilakukan para pelaku industri minyak dan gas (migas). Apalagi kondisi harga minyak mentah di pasaran dunia belum menguntungkan. "Eksplorasi pun tidak mudah saat ini," kata Pjs. Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Ngatijan, Rabu (18/5/2016) di Jakarta.

Ngatijan menyebutkan eksplorasi migas yang semula diarahkan ke Indonesia Timur tetapi kenyataannya saat ini masih banyak dilakukan di Indonesia Tengah dan Indonesia Barat. Saat ini, ungkap Ngatijan, pihak SKK Migas mempunyai 149 program eksplorasi. "Baru 35 prosen yang terlaksana," aku Ngatijan.

Penyebabnya, diantaranya disebabkan oleh tidak kuatnya financial Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS), masalah perijinan, terkendala masalah hutan lindung, isu-isu sosial dan lain semacamnya. Oleh sebab itu, lanjut Ngatijan, solusi yang dapat dilaksanakan adalah efisiensi dalam semua aspek. "Pendirian Pusat Logistik Berikat menjadi salah satu solusi untuk melakukan efisiensi," tandas Ngatijan.

Ngatijan juga mengungkapkan update beberapa proyek migas yang sedang dilaksanakan, diantaranya lapangan migas Jangkrik, Madura BD, Jambu Aye Utara, IDD, Donggi Senoro, Tangguh Train 3, Abadi, South Mahakam 3, Kepodang, Banyu Urip, dan Bukit Tua.

Sementara Direktur Pembinaan Program Migas Ditjen Migas ESDM, Agus Cahyano Adi,  mempresentasikan tentang "Langkah Strategis ESDM dalam Mendorong Investasi Migas dan Program Percepatan Pembangunan Insfrastuktur Penunjang Migas'.

Agus menyatakan bahwa berbagai upaya dan kebijakan telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan lifting dan produksi migas serta investasi hulu migas. "Masih banyak cekungan yang perlu diteliti potensinya," kata Agus sembari mengimbuhkan tentang visi pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan energi.(Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login