IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harga Minyak Mentah Hari Ini Terdorong Naik

Harga Minyak Mentah Hari Ini Terdorong Naik

Written By Indopetro portal on Friday, 13 May 2016 | 10:27

indoPetroNews.com - Harga crude oil  (minyak mentah) dunia naik pada Jumat (13/5/2016), mendorong kontrak minyak mentah AS ke tingkat tertinggi baru 2016. Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan kelebihan pasokan minyak mentah akan menyusut di paruh kedua 2016.

Dalam laporan bulanannya, IEA memperkirakan pertumbuhan "solid" untuk permintaan minyak tahun ini, setelah permintaan lebih kuat daripada yang perkiraan pada kuartal pertama, terutama didorong oleh India.

Karena itu lembaga itu mempertahankan perkiraan permintaan 2016 tidak berubah pada 95,9 juta barel per hari, IEA yang berbasis di Paris mengatakan bahwa lebih mungkin untuk merevisi lebih tinggi daripada lebih rendah.

IEA pada Kamis merevisi pertumbuhan permintaan minyak global untuk kuartal pertama 2016 naik menjadi 1,4 juta barel per hari, dipimpin oleh kenaikan kuat di India, Tiongkok dan yang lebih mengejutkan, Rusia.

Untuk tahun secara keseluruhan, pertumbuhan akan mencapai sekitar 1,2 juta barel per hari, dengan permintaan mencapai 95,9 juta barel per hari.

"Kami terus memperdagangkan tentang gagasan gambaran fundamental lemah ini akan berubah," kata Gene McGillian, analis di Tradition Energy. "Laporan bulanan yang keluar dari IEA menunjuk ke arah gambar pengetatan dengan meningkatnya permintaan." Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni, naik 47 sen menjadi 46,70 dolar AS per barel di New York Stock Exchange.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Juli, patokan Eropa, berakhir pada 48,08 dolar AS per barel, naik 48 sen dari penutupan Rabu.

Laporan IEA juga mencatat "peningkatan dramatis" dalam produksi minyak Iran pada April menjadi hampir 3,6 juta barel per hari, level yang terakhir dicapai pada November 2011. Dari jumlah itu, dua juta barel per hari diekspor.

Sementara Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan kepada wartawan kemarin bahwa harga minyak diprediksi belum akan pulih dalam waktu dekat saat stok minyak global kelebihan 1,5 juta bpd dan pasar diyakini tidak akan mampu menyeimbangkan sampai kuartal pertama tahun 2017.

"Pasar tidak akan bisa menjadi penyeimbang. Ramalannya adalah kelebihan pasokan terus berlanjut dan penurunan volume produksi lebih lambat dari prediksi analis," katanya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login