IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Hari Ini Harga Minyak Mentah Merosot

Hari Ini Harga Minyak Mentah Merosot

Written By Indopetro portal on Monday, 2 May 2016 | 15:11

indoPetroNews.com-Harga crude oil di perdagangan Asia pada Senin (2/5/2016) merosot, karena meningkatnya produksi minyak di Timur Tengah di tengah produksi minyak Amerika Serikat (AS). Seperti dikutip dari Reuters, Senin (2/5/2016), harga minyak brent diperdagangkan sebesar USD47,05 per barel pada pukul 00.28 GMT atau turun 32 sen dari posisi sebelumnya. Sementara, harga minyak AS juga turun 28 sen ke level USD45,64 per barel.

Analis mengatakan, kenaikan produksi yang dilakukan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan terutama Timur Tengah itu lazim menjadi faktor pendukung seperti yang sedang berlangsung, meskipun lambat, penurunan produksi AS dan USD yang goyah, membuat harga minyak lebih murah bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya untuk mengimpor bahan bakar. "Dolar yang lebih lemah gagal untuk menggairahkan investor di pasar minyak mentah," kata ANZ Bank, mengutip kenaikan produksi OPEC.

Kepala Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan harga minyak mungkin telah dipercaya keluar, memberikan kesehatan ekonomi global, tidak menimbulkan kekhawatiran. "Dalam lingkungan ekonomi yang normal, kita akan melihat arah harga agak ke atas dari bawah," kata Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol.

Seperti diketahui, saat ini penetapan harga minyak bumi didasarkan pada dua kelompok/standar yang umum dan besar yaitu: Pertama, Brent (Brent Crude) merupakan nilai standarisasi minyak yang sumbernya berasal dari laut utara (Eropa) sedang nama Brent berasal dari lahan tambang di laut utara, yang dibuka pada tahun 1970.  

Harga minyak Brent menjadi dasar pembentukan harga sejak tahun 1971 untuk hampir 40% nilai minyak diseluruh dunia, dan terus digunakan sampai sekarang ini.  Namun, dalam perkembangannya, karena produksi dari Brent terus mengalami penurunan maka sejak 2007 berkembang standarisasi harga baru yaitu WTI.

Kedua, WTI (West Texas Intermediate ) - adalah minyak bumi yang diproduksi di Texas (AS), dan dalam aplikasinya kebanyakan digunakan untuk bensin industri dan itulah sebabnya minyak ini banyak diminati, terutama di AS dan Cina. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login