IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Holding Migas Diharapkan tak Terjebak dalam Monopoli dan Persaingan tak Sehat

Holding Migas Diharapkan tak Terjebak dalam Monopoli dan Persaingan tak Sehat

Written By Indopetro portal on Tuesday, 31 May 2016 | 12:32

indoPetroNews.com-Upaya pembentukan holding minyak dan gas bumi (migas) diharapkan memperhatikan beberapa hal agar memiliki dampak yang besar bagi bangsa. Selain itu, juga memperhatikan aspek hukum. Pertama soal pengertian dan batasan BUMN Pasal 1 ayat 1 UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN. Juga mempertimbangkan aspek persaingan usaha tidak sehat dalam ketentuan UU No. 5 Tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan tidak sehat.

"Ini mesti dilihat secara detil, bisa jadi mereka masuk merger, akuisisi, dan konsolidasi. Bisa jadi masuk ke oligopoli atau bisa juga masuk ke trust," kata Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanudin Makasar,  Prof Juajir Sumardi, dalam acara seminar bertajuk "Apakah Pembentukan Perusahaan Holding Migas sebuah Solusi?" pada Selasa (31/5/2016) di Jakarta.

Juajir juga menambahkan bahwa holding company migas juga diharapkan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu bahwa migas merupakan aspek strategis;
migas adalah menjadi hajat hidup orang banyak; negara pemegang otoritas; penguasaan dan kepemilikan migas di seluruh wilayah Indonesia ada pada negara; negara berhak memberikan kuasa pertambangan migas; negara; holding BUMN migas diberikan kedudukan hukum sebagai pemegang satu-satu kuasa migas; holding migas dibangun dengan mempertimbangkan kombinasi antara operator holding company dengan pyramid holding company.

Sementara Direktur Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara, juga berharap SKK Migas masuk ke holding Pertamina.
"Ini dapat dimasukkan dalam RUU Migas," kata Marwan, sembari mengimbuhkan bahwa
antek-antek asing berkepentingan untuk menolak holding company. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login