IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Iran Siap Pasok Minyak Mentah 200.000 Barel ke Indonesia

Iran Siap Pasok Minyak Mentah 200.000 Barel ke Indonesia

Written By Indopetro portal on Thursday, 19 May 2016 | 17:16

indoPetroNews.com-Pemerintah Iran menyatakan kesiapan untuk memasok minyak mentah sebanyak 200.000 barel per hari ke Indonesia setelah pencabutan sanksi internasional pada negara ini. "Saya rasa kini Indonesia sudah dapat mengimpor minyak mentah dari Iran hingga 200.000 barel setiap harinya, bahkan lebih," ujar Menteri Perekonomian dan Keuangan Iran Ali Taiebnia Rabu (18/5/2016) di Jakarta. 

Menurut dia, setelah Iran dibebaskan dari sanksi ekonomi, pihaknya kemudian segera menargetkan peningkatan jumlah ekspor minyak mentah.

"Sebelum sanksi dikenakan, kami ekspor minyak sebanyak 2,5 juta barel setiap harinya, ketika sanksi diberlakukan angka tersebut menurun menjadi satu juta barel per hari. Kami kini menginginkan volume yang sama seperti era sebelum sanksi," katanya lagi.

Terkait dengan masalah itu, Ali Taiebnia mengemukakan negara-negara yang menggantikan peran Iran sebagai eksportir minyak mentah, ketika sanksi diberlakukan, harus mulai mengurangi pasokan minyak mereka ke luar negeri.

"Ini merupakan hak yang wajar untuk kami memiliki target seperti sebelum sanksi, karena negara-negara yang menggantikan kami mengekspor minyak telah banyak dapat keuntungan. Sekarang mereka yang harus menurunkan jumlahnya dan Iran yang menambah ekspornya," kata Ali Taiebnia pula.

Karena itu, Pemerintah Iran sangat mendukung penguatan kerja sama ekonomi dengan Indonesia, dengan peningkatan jual-beli minyak mentah menjadi salah satu yang diincar.

Apalagi, sebelum Iran dijatuhi sanksi, Indonesia memang kerap memenuhi kebutuhan minyak mentah dari negara di Kawasan Teluk Timur Tengah tersebut, sehingga potensi adanya kerja sama di sektor perdagangan lebih kuat.

"Dan saya mengetahui bahwa ada kilang di Indonesia yang dibangun sesuai dengan kualitas dan spesifikasi minyak mentah dari Iran, dengan kapasitas dari kilang minyak tersebut adalah sebanyak 120.000 barel per hari," ujarnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login