IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Long Weekend, Puluhan Kapal Besar Disiapkan

Long Weekend, Puluhan Kapal Besar Disiapkan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 4 May 2016 | 07:16

petroWisata.indoPetroNews.com - Ayo berwisata! Long weekend adalah masa yang asyik untuk piknik, bersama keluarga, handai tolan, sanak famili, dan kawan-kawan dekat. Tidak harus jauh-jauh ke mancanegara, ada banyak tempat di negeri ini yang layak dikunjungi. "Pesona Indonesia itu digandrungi dan menjadi impian jutaan orang di dunia! Mari eksplorasi, jangan lupa foto-fotonya di up load di media sosial," saran Menpar Arief Yahya.

Bisa di Instagram untuk karya foto paling heboh. Bisa di Facebook, jika ingin kombinasi foto, video dan teks. Bisa youtube untuk karya video dan Twiter untuk kata-kata 140 karakter dan foto atau video 30 detik. Jangan lupa di hastag #WonderfulIndonesia atau #PesonaIndonesia. "Mengunggah foto dan video liburan itu akan sangat membantu mempromosikan pariwisata Indonesia," jelas Mantan Dirut PT Telkom Indonesia ini.

Arief juga mengingatkan kepada warga Jakarta, untuk berhati-hati dengan jalur pariwisata ke Bandung dan Bogor. Karena setiap long week end, dua jalur wisata itu selalu padat merayap dan macet. "Jangan emosi di jalan, sabar, hati-hati di jalan, semoga lancar dan liburannya menyenangkan," pesan Arief Yahya.

Seperti diketahui, menjelang liburan panjang selalu terjadi, hotel di Bali, Jogja, Bandung, Bintan, Lombok, Labuan Bajo, dan destinasi lain diserbu wisnus. Harga-harga penginapan menggunakan standart tertinggi. tempat-tempat wisata hingga Pelabuhan dan semua moda transportasi massal juga diprediksi akan semakin padat oleh pengguna libur panjang di Indonesia tersebut.

Mulai tanggal 4 Mei hingga lima hari ke depannya, bakal penuh orang berlibur. Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) merupakan libur nasional di Indonesia yakni kenaikan Isa Al Masih dan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Pelabuhan Merak juga sudah antisipasi menyambut pergerakan liburan panjang tersebut.

"Kami perkirakan di pelabuhan Merak, puncak arus penyeberangan akan terjadi pada Rabu (4/5) malam, dimana kenaikan terjadi 2-3 persen dibandingkan saat normal. Mulai Rabu kami maksimalkan operasional kapal-kapal besar dari total 27 kapal yang beroperasi setiap harinya," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Tommy L Kaunang seperti dikutip dari release resminya.

Selain pengoperasian kapal besar, PT ASDP juga akan mempersingkat port time, dari maksimal 60 menit menjadi 45 menit, sedangkan waktu berlayar (sailing time) tetap 120 menit. ”Walaupun lonjakan trafik pengguna jasa penyeberangan diprediksikan hanya naik 3-5 persen, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menerapkan pola operasional layaknya angkutan Lebaran pada libur panjang akhir pekan ini yang berbarengan dengan hari libur nasional, karena pasti juga akan banyak orang yang berwisata,” jelas Tommy.

Diperkirakan, lonjakan akan terjadi pada pengguna jasa jenis sepeda motor, mobil pribadi, dan penumpang pejalan kaki. Adapun puncak arus balik di lintasan Bakauheni-Merak diperkirakan terjadi pada Minggu (8/5). "Kami akan mengupayakan pelayanan semaksimal mungkin, khususnya pada loket penumpang dan toll gate yang melayani mobil kendaraan pribadi," tambahnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang di bulan Mei, Cabang Ketapang siap mengoperasikan 32 armada, yakni 20 kapal Roro di dermaga Moveable Bridge dan ponton, dan di dermaga LCM sebanyak 12 armada baik jenis kapal motor pelayaran (KMP) maupun landing craft tanker (LCT). "Untuk libur panjang, kita sudah meyiapkan 32 armada, yang siap menyeberangkan penggunan jasa dari Jawa menuju Bali, atau sebaliknya," ungkap Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Wahyudi Susianto.

Diperkirakan, peningkatan arus pengguna jasa di Ketapang akan mulai terjadi peningkatan pada Rabu (4/5) malam. Selain itu untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunan jasa, manajemen juga menyiapkan fasilitas pendukung, seperti pengamanan, pelayanan kesehatan dan ruang tunggu bagi penumpang. Ada juga penambahan fasilitas Mushollah, kursi tunggu dan televisi, sehingga para penguna jasa bisa mengakses beberapa fasilitas tersebut di areal Pelabuhan baik di Ketapang maupun di Gilimanuk.

Saat arus puncak long weekend yang terjadi pada Kamis (5/5), diprediksikan akan terjadi lonjakan ± 4.300 kendaraan roda 4 dan ± 2.200 kendaraan roda 2 atau terjadi peningkatan sekitar 30% dibanding dengan hari normal.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login