IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » M Sani Berharap Pemerintah Aktif Kembangkan Gas di Natuna

M Sani Berharap Pemerintah Aktif Kembangkan Gas di Natuna

Written By Indopetro portal on Friday, 20 May 2016 | 09:10

indoPetroNews.com-Natuna memiliki cadangan gas bumi yang sangat besar, 46 Trillion Cubic Feet (TCF). Kendati demikian, potensi ini belum bias dimanfaatkan secara baik. Apa penyebabnya?

“Salah satunya karena belum ada satu perencanaan yang terintegrasi,” kata Sekjen Komite Eksplorasi Nasional, Muhammad Sani, kepada indoPetroNews.com Jumat (20/5/2016) di Jakarta. Resikonya, bila setiap perusahaan membuat development sendiri maka dipastikan tidak akan ekonomis.

“Karena letaknya jauh, dari Natuna Timur dan akan dibawa ke Natuna Barat bisa mencapai 400 kilometer. Siapa yang dapat membangun pipa sejauh itu,” tandas Muhammad Sani. Oleh sebab itu, kata Muhammad Sani, salah satu solusi alternatifnya harus membuat perencanaan yang terintegrasi sehingga terdapat satu titik sentralnya.

“Kita harus bikin sendiri karena tidak dapat terhubung dengan fasilitas yang telah ada. Semua scenario yang telah ada dan dibikin oleh masing-masing pihak (Pertamina dan Premier Oil) masuk ke Natuna Barat. Dan itu mahal dan pasti tidak akan berjalan,” ucapnya. Dan yang paling mungkin, imbuh Muhammad Sani, membuat (infrastruktur) di Natuna Timur tapi terintegrasi.

Oleh karena itu, Muhammad Sani berharap ada peran aktif pemerintah. “Misalnya ada skema hulu dan skema hilir. Bedanya skema hulu dan skema hilir, kalau skema hulu itu masuk cost recovery tetapi skema hilir hanya ada fee,” kata Muhammad Sani. (Sofyan)  
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login