IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pembahasan dan Pengesahan RUU Migas Mendesak Dilakukan

Pembahasan dan Pengesahan RUU Migas Mendesak Dilakukan

Written By Indopetro portal on Tuesday, 31 May 2016 | 07:41

indoPetroNews.com-Untuk membangkitkan kembali industri hulu minyak dan gas bumi (migas) diperlukan solusi yang tepat dan cerdas. Salah satunya adalah segera membahas dan mensahkan kembali Rancangan Undang-undang (RUU) Migas.

“Menghadapi jatuhnya harga migas, terus menurunnya produksi migas dan berkurangnya investasi sektor migas di Indonesia, maka perlu perubahan nyata pada tata kelola migas Indonesia,” kata Berly Martawardaya, dosen Ekonomi Energi dan Mineral Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI) kepada indoPetroNews.com, Selasa (31/5/2016) di Jakarta.

Menurut peneliti INDEF ini, pembahasan RUU migas adalah suatu kegentingan yang tidak boleh ditunda lagi. “Tentunya pembahasan RUU Migas tersebut harus dilakukan dengan mengacu pada best practice internasional, kepentingan nasional (national interest) dan konsultasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) untuk membangkitkan kembali sektor migas Indonesia yang sedang terpuruk," katanya.

Sebagai catatan, telah kesekian kalinya agenda RUU atas Perubahan Undang-Undang No 22 tahun 2001 tentang RUU Migas ditetapkan sebagai salah satu RUU yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2016.

Dalam catatan indoPetroNews.com sejak tahun 2010 agenda RUU Migas selalu saja tercantum sebagai daftar tahunan Prolegnas DPR RI. Agenda RUU Migas tahun ini merupakan tahun ke-3 (tiga) bagi DPR RI periode 2014-2019 sekaligus menandai 12 (dua belas) tahun pasca terbitnya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 002/PUU-I/2003 yang membatalkan sejumlah pasal dalam UU Nomor 21/2001 tentang Migas dan 4 (empat) tahun pasca terbitnya putusan MK No. 36/PUU-X/2012 yang membubarkan BP Migas. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login