IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemburu Rente dan Oknum Elit Politik Aktor Dibalik Mangkraknya Pembahasan RUU Migas

Pemburu Rente dan Oknum Elit Politik Aktor Dibalik Mangkraknya Pembahasan RUU Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 30 May 2016 | 14:34

indoPetroNews.com-Ada kekuatan pemburu rente yang main mata dengan sejumlah elit politik dibalik mangkraknya Rancangan Undang-undang Minyak dan Gas Bumi (RUU Migas). Hal tersebut ditengarai oleh Direktur Eksekutif Indonesia Parliamentary Center (IPC), Ahmad Hanafi.

"Pembahasan RUU Migas yang saat ini berjalan di tempat makin mengonfirmasi buruknya kinerja legislasi DPR yang sepanjang tahun 2015 hanya menyelesaikan 3 UU," kata Ahmad Hanafi kepada indoPetroNews.com, Senin (30/5/2016) di Jakarta.

Menurut Ahmad Hanafi, RUU Migas seolah hanya menjadi ‘pajangan manis’ dalam setiap Prolegnas yang disusun oleh  DPR tanpa ada usaha apa pun untuk sekedar membahasnya," ujarnya. Hal ini makin diperburuk dengan tidak diagendakannya

RUU Migas sebagai salah satu RUU yang akan diselesaikan DPR pada masa sidang ke V tahun 2015-2017. “Berkaca pada tahun lalu, agenda pembahasan RUU Migas di DPR nyaris tanpa kabar. 

Lambannya pembahasan RUU Migas di DPR kami duga sarat dengan tarik ulur kepentingan. Kita harus ingat bahwa sektor migas adalah sektor strategis. Banyak pihak yang kemungkinan besar ikut bermain. Karenanya, pemerintah dan DPR harus benar-benar kawal dan pastikan pembahasan Revisi UU Migas bebas dari mafia pemburu rente yang menunggangi agenda ini,” tutur Ahmad Hanafi.

“RUU Migas akan selesai apabila DPR menunjukkan sikap kenegarawanannya dengan melepas kepentingan politik maupun ekonomi di belakangnya. Sudah saatnya, DPR maupun Pemerintah menunjukkan perbaikan kinerja legislasinya dengan segera membahas RUU Migas ini. Harus diingat juga, agenda penyelesaian Revisi UU Migas merupakan salah satu komitmen Pemerintahan JKW - JK atas program aksi agenda Nawa Cita terkait perbaikan tata kelola migas,” ucapnya. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login