IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah Diminta Transparan Soal Migas

Pemerintah Diminta Transparan Soal Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 30 May 2016 | 15:11

indoPetroNews.com-Tuntutan transparansi dalam bisnis hulu minyak dan gas bumi (migas) didengungkan oleh sejumlah kalangan. "Informasi tersebut harus dibuka oleh pemerintah sebagai bentuk pemenuhan hak informasi publik," kata Manajer Advokasi dan Jaringan PWYP Indonesia Aryanto Nugroho kepada indoPetroNews.com Senin (30/5/2016) di Jakarta.

Aryanto mengungkapkan, Reformasi Sistem Informasi dan Partisipasi menjadi sangat krusial untuk menjamin pemenuhan hak-hak atas informasi publik. Transparansi keterbukaan Kontrak KKS, penghitungan DBH, data lifting, data penjualan dan dokumen AMDAL harus dibuka sebagai bentuk pemenuhan hak informasi publik.

Selain itu, kata Aryanto, Rancangan Undang-undang Minyak dan Gas Bumi (RUU Migas) harus memberikan jaminan ruang partisipasi untuk terlibat dalam setiap tahapan pengelolaan sektor migas di Indonesia yang nyaris tidak terpenuhi.

“Pembahasan RUU Migas menjadi semakin urgent di tengah berbagai inisiatif yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam mendorong reformasi perbaikan tata kelola sektor migas seperti Koordinasi dan Supervisi Bidang Energi (Korsup Energi) yang diinisiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), reformasi perizinan migas di ESDM dan BKPM ataupun follow up atas rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas (TRTKM). Inisiatif-inisiatif tersebut harus didukung dengan reformasi payung hukum melalui pembahasan RUU Migas di DPR,” tandas Aryanto. 

Sampai saat ini RUU Migas belum jelas hasil pembahasan dan perkembangannya di lembaga legislatif. Padahal ini adalah payung hukum dalam industri hulu dan hilir migas. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login