IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pencarian Lapangan Migas Bergeser dari Indonesia Barat ke Indonesia Timur

Pencarian Lapangan Migas Bergeser dari Indonesia Barat ke Indonesia Timur

Written By kusairi kusairi on Monday, 30 May 2016 | 10:26

indoPetroNews.com - Upaya pencarian lapangan atau blok minyak dan gas bumi terus digencarkan. Namun kini titik fokusnya bergeser. yang semula lebih banyak dilakukan di kawasan Indonesia Barat berubah haluan ke Indonesai bagian Timur.

“Selama ini pencarian lapangan minyak dan gas bumi (migas) lebih mengarah pada Indonesia Bagian Barat. Yang namanya blok migas kalau sudah diambil (migasnya), habis. Sekarang sudah mengarah ke Indonesia Bagian Timur,” kata Direktur Pembinaan Hulu Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto kepada indoPetroNews .com Sabtu (28/5/2016) di Jakarta.

Diakui Djoko, prosesnya makin sulit karena berada di laut dalam, sehingga investasi perusahaan harus ada porsi yang lebih besar dari sebelumnya. “Kalau enggak nanti enggak ekonomis. Laut dalam, seperti gas Blok Masela. Juga di Irian. Itu daerah-daerah yang remote. Di sana masih banyak potensinya tetapi makin susah,” ujarnya.

Oleh karena itu, ungkap Djoko, bagian mereka (kontraktor) harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, porsi pemerintah juga harus lebih baik dari pihak kontraktor.

Hal lainnya, imbuh Djoko, para investor akan membandingkan dengan negara-negara tetangga, seperti Vietnam. “Di sana signature bonus cuma 58.000 USD. Kita (kasus East Ambalat oleh Pertamina) kasih 100.000 USD. Karena itu daerah perbatasan. Mendingan uang itu dipergunakan untuk eksplorasi ketimbang masuk sebagai bonus signature,” cetus mantan petinggi BPH Migas ini, sembari menambahkan bahwa pemerintah lebih melihat komitmen eksplorasi dari para kontraktor.

“Karena hidro carbon (migas) kalau tidak dibor tidak akan bisa ketemu. Komitmen ngebornya itu yang paling diutamakan,” jelas Djoko sembari menjelaskan tentang proses pelelangan tender blok migas yang tengah masuk tahap I dan sedang mempersiapkan tahap II di Blok Membrano, Papua. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login