IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertagas Genjot Pembangunan Pipa Gas Gresik - Semarang

Pertagas Genjot Pembangunan Pipa Gas Gresik - Semarang

Written By kusairi kusairi on Monday, 16 May 2016 | 12:54

indoPetroNews.com - Upaya PT Pertamina Gas membangun pipa gas open access ruas Gresik-Semarang (Gresem) sepanjang 267 km diharapkan bisa menjadi infrastruktur penting untuk menyambungkan sumber dan daerah pengguna gas yang berada di Pulau Jawa. Hal itu disampaikan IGN Wiratmaja Puja, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM saat melakukan peninjauan di lokasi proyek Gresem, di Semarang, Jumat (13/5/2016).

Menurut Wiratmaja, saat ini Indonesia harus mengejar ketertinggalan dalam bidang infrastruktur migas, khususnya gas bumi. Untuk itu diperlukan pembangunan infrastruktur yang masif untuk mengejar ketertinggalan tersebut. "Karena ke depan gas akan menjadi energi yang dipakai dimana-mana," ujar Wiratmaja.

Salah satu kebutuhan yang cukup besar untuk memasok gas, menurut Wiratmaja adalah untuk kebutuhan pembangkit listrik. Apalagi dalam program 35.000 MW listrik yang sudah dicanangkan pemerintah, sekitar 20%-nya akan menggunakan bahan bakar gas. "Jadi bisa dibayangkan akan terus meningkatnya kebutuhan gas ke depannya," ujarnya.

Tak hanya untuk kebutuhan listrik, pembangunan infrastruktur gas juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan gas untuk pabrik pupuk dan berbagai industri lainnya yang saat ini mulai banyak beralih dari BBM ke BBG. "Termasuk juga gas untuk rumah tangga yang dibutuhkan masyarakat," tambah Wiratmaja.

Pembangunan infrastruktur gas, menurut Wiratmaja, sangat penting lantaran mampu memicu pertumbuhan ekonomi yang merata. Dia berharap pembangunan ruas Gresem ini bisa segera terwujud lantaran bakal menjadi urat nadi infrastruktur gas di utara Pulau Jawa.

Menurut Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Gas, Indra Setyawati, pihaknya akan terus memprioritaskan pembangunan infrastruktur gas guna ikut berkontribusi dalam menjaga ketahanan energi nasional. "Pembangunan ruas pipa gas open access Gresik–Semarang ini bentuk kesungguhan kami, dan terus kami genjot pembangunannya," ujar Indra yang juga ikut hadir saat peninjauan proyek Gresem bersama dirjen migas.(Sofyan)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login