IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Rizal Ramli Janji Bantu Kementerian ESDM dan SKK Migas Percepat Bangun Blok Masela

Rizal Ramli Janji Bantu Kementerian ESDM dan SKK Migas Percepat Bangun Blok Masela

Written By Indopetro portal on Friday, 13 May 2016 | 08:34

indoPetroNews.com - Pemerintah akan mempercepat proses pembangunan kilang gas Blok Masela. “Kita akan membantu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan SKK Migas sesuai arahan Presiden. Agar supaya mengubah paradigma lama ke paradigma baru terlaksana. Dan dalam bentuk integrated industri,” kata Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Manusia, Rizal Ramli kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com di Jakarta.

Pemerintahan Jokowi akan mengubah arah pembangunan dari Jawa Centris menjadi Indonesia Centris. “Dan ini dimulai dengan pembangunan kawasan industri Indonesia Timur melalui gas Blok Masela,” papar Rizal, sembari berharap nantinya kawasan tersebut dapat berkembang pesat.

Menurut mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, gas bumi dari Blok Masela tidak akan dieskpor secara keseluruhan tetapi akan dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan industri dalam negeri. “Kita tahu bahwa produk Petrokimia itu turunanya dapat menghasilkan baju, jaket, sepatu, mobil dan lain semacamnya. Mobil itu sebanyak 40% bahannya hasil dari produk petrokimia,” paparnya.

Pemerintah, lanjut Rizal tidak ingin industri yang dikembangkan di kawasan Maluku bersifat tertutup seperti di Lhokseumawe. Lantaran hak tersebut tidak menimbulkan efek berkelanjutan pada masyarakat sekitarnya. “Diperkirakan itu sekitar totalnya 380 ribu orang di berbagai bidang. Nah tentu ada kualifikasinya apa, sebagian disiapkan dengan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada, sebagian disiapkan dengan universitas, dan politeknik," jelas dia. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login