IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Staf Presiden: Ladang Minyak Punya Karakter Tersendiri

Staf Presiden: Ladang Minyak Punya Karakter Tersendiri

Written By Indopetro portal on Thursday, 26 May 2016 | 07:41

indoPetroNews.com-Dalam kondisi turunnya harga minyak dunia sejatinya dibutuhkan birokrasi yang lentur. Hal ini dibutuhkan agar bisnis usaha hulu minyak bisa kembali terdongkrak.

 “Presiden Joko Widodo telah merancang suatu dokumen yang bernama Nawacita. Dokumen ini sekarang diadopsi menjadi RPJMN. Di situ tertulis, ladang minyak memiliki karakter tersendiri karena itu dibutuhkan sistem fiskal yang fleksibel,” kata Darmawan Prasodjo, Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi di Kantor Staf Presiden, dalam sesi pleno I The 40th IPA Convention and Exhibition di Jakarta.

Menurut Darmo, sapaan akrab Darmawan, dalam kondisi sulit seperti saat ini, risiko investasi migas seharusnya ditanggung bersama antara pemerintah dan kontraktor. “Tidak hanya memikirkan kepentingan jangka pendek, melainkan bagaimana menjaga agar investasi dapat berkelanjutan,” ujar Darmo. Untuk itu, lanjutnya, perlu melakukan perubahan kebijakan fiskal dengan semangat keadilan (fairness) untuk mengundang investasi.

Menurut Darmo, kebijakan fiskal yang fleksibel perlu segera diterapkan untuk sektor minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. “Fleksibilitas tersebut penting untuk memperbaiki iklim investasi di sektor ini yang tengah tertekan akibat turunnya harga minyak mentah dunia sejak pertengahan 2014,” katanya. Padahal produksi mesti didorong untuk memenuhi kebutuhan yang kian meningkat.

Penetapan skema kontrak bagi hasil (PSC), misalnya, ungkap Darmo, tidak dapat diterapkan sama untuk semua wilayah kerja migas, karena masing-masing memiliki kesulitan sendiri. Sekarang, kata Darmo, merupakanmomentum yang tepat bagi Indonesia untuk berpindah paradigma dari regressive system ke progressive system. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login