IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Tantangan dan Faktor Penentu Kesuksesan Bangun FPSO

Tantangan dan Faktor Penentu Kesuksesan Bangun FPSO

Written By Indopetro portal on Wednesday, 11 May 2016 | 15:45

indoPetroNews.com-Membangun fasilitas Floating Production Storage and Offloading (FPSO) ternyata memiliki banyak tantangan dan kendala yang tidak tunggal. Hal tersebut diutarakan oleh Grant MacDonald, Project & Engineering Management dari Bremar Schiffrechnik dalam seminar "The Building of FPSO" yang diselenggarakan pada Rabu (11/5/2016) di Lt. 9 Plaza City Jakarta.

Dalam presentasinya McDonald mengemukakan bahwa diantara tantangannya adalah adanya multiple disiplin ilmu, multiple budaya, multiple bahasa dan multiple time zones. "Karena itu dibutuhkan beberapa persyaratan yang kita sebut 'three Cs'," kata McDonald. Three Cs yang dimaksud adalah colaborasi, coordination dan coorporation.

McDonald juga menerangkan tentang pemilihan desain FPSO tergantung beberapa hal, yaitu anggaran, Capex dan Opec, estimasi biaya dan jangka pengembalian modal, jadwal pengerjaan, tenggat waktu pembangunan dan penyelesaian hingga lokasi pengerjaan.

Sementara Robert Mount Joy, salah satu tim dari Bremar Schifftechnik, memaparkan presentasinya mengenai 'How to Manage FPSO Project'.

Diantara yang dipaparkan soal faktor-faktor kesuksesan membangun FPSO. "Utamanya terletak pada kekuatan dan pimpinan proyek atau project manager," kata Joy. Seorang project manager harus berpengalaman, memutuskan satu kebijakan yang cepat sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Joy juga menekankan bahwa proyek FPSO pun mempunyai 100.000 dokumen yang harus diperhatikan dengan baik. Hal lainnya, kata Joy, dalam proyek FPSO banyak ketidakpastian. "Perencanaan harus dilakukan dengan matang karenanya," tandasnya, sembari menambahkan proyek FPSO banyak ketergantungannya dengan pihak lain.

Faktor yang tidak kalah penting, tambah Joy, adalah komitmen sejak awal tentang kualiti. "Kualitas pun perlu ada komitmen sejak mula dan harus diperhatikan," kata Joy, sembari mengingatkan bahwa segala sesuatu harus dapat diukur dengan baik tanpa mengabaikan faktor keselamatan. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login