IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dirut Pertamina Dituding Belum Optimal Dorong Transparansi

Dirut Pertamina Dituding Belum Optimal Dorong Transparansi

Written By Indopetro portal on Thursday, 9 June 2016 | 11:23

indoPetroNews.com-Sejatinya Direktur Utama (Dirut) Pertamina mendorong agar Integrates Supply Chain (ISC) transparan.  “Peran Dirut belum optimal untuk menciptakan transparansi dalam proses tender ISC,” kata mantan anggota Tim Anti Mafia Migas Fahmy Radhi di Jakarta. Salah satu contohnya, kata Fahmy, dalam proses tender yang dilakukannya semestinya dapat dibuka siapa pemenangnya.

“Bukan dengan cara akal-akalan. Hari ini dibuka terus besok harinya diumumkan,” tandasnya. Menurut associate professor Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ini,  dibutuhkan manajemen yang kuat dan bersih dalam mengelola perusahaan energy milik negara .

Apalagi, imbuh Fahmy, ada beberapa orang lama, yang dulu di Pertamina Energy Trading Ltd (PT Petral) masih juga kembali mengurusi ISC. “Jadi belum bersih benar. Seharusnya semuanya harus dibersihkan dan sistemnya juga diperbaiki. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pimpinan yang mempunyai integritas,” tegas Fahmy.


Kendati demikian, Fahmy mengatakan bahwa keberadaan Petral, yang berada di Singapura, berbeda dengan ISC, yang berada di dalam negeri . “Kalau dulu pihak BPK dan KPK tidak dapat masuk secara langsung kecuali ada permintaan,” tandas Fahmy, sembari mengimbuhkan bahwa ISC dapat dikontrol melalui BPK dan KPK dan internal auditor Pertamina, meskipun tidak dapat dipercaya 100% (Sofyan) 
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login