IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dirut Pertamina : Produkasi Hulu Migas Meningkat 11%

Dirut Pertamina : Produkasi Hulu Migas Meningkat 11%

Written By Indopetro portal on Thursday, 2 June 2016 | 15:13

indoPetroNews.com-Produksi hulu migas Pertamina naik 11% dari 548,5 ribu barel setara minyak per hari menjadi 606,7 ribu barel per hari. Sedangkan produksi gas menyumbang pertumbuhan yang signifikan yaitu 18% dari semula 1.61 BSCFD menjadi 1.90 BSCFD.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam press conference Kinerja Pertamina tahun buku 2015 pada Selasa petang (31/5/2016) kepada sejumlah media, termasuk indoPetroNews.com di Jakarta. Dwi Soetjipto juga mengatakan harga minyak mentah yang turun tajam dari kisaran angka US$106 per barel menjadi sekitar US$42 per barel sangat mempengaruhi kinerja seluruh perusahaan migas di dunia, termasuk Pertamina. Walaupun situasi kurang menguntungkan Pertamina bukukan laba bersih US$1,42.

Dia mengungkapkan banyak perusahaan melakukan langkah-langkah efisiensi, mulai dari pemotongan capex, opex yang berdampak langsung pada pelemahan kinerja hingga pemutusan hubungan kerja,

Pada saat industri yang melemah tersebut, kata Dwi, Pertamina justru meningkatkan kinerja operasi dari unit-unit bisnis dan anak perusahaannya selain terus melakukan efisiensi di berbagai lini, tanpa melakukan pemutusan hubungan kerja. Hasilnya, kata Dwi, Pertamina dapat meraih laba bersih US$1,42 miliar atau turun tipis dari pencapaian tahun 2014 sebesar US$1,45 miliar.

“Pertamina terlihat seperti anomali, di mana perusahaan-perusahaan didera pelambatan usaha hingga double digit, Pertamina hanya mengalami sedikit penurunan. Pertamina juga dapat mempertahankan para pekerjanya untuk terus mengabdi kepada perusahaan. Pencapaian ini tentu saja tidak terlepas dari upaya-upaya terobosan yang dilakukan sepanjang tahun 2015,” ungkap Dwi.

Pencapaian penting di unit pengolahan juga terjadi tahun lalu, di mana pengoperasian RFCC CIlacap dan juga pengelolaan kembali TPPI memberikan dampak positif bagi kinerja pengolahan. Yield Valuable Product kilang Pertamina meningkat menjadi 75,52% dari sebelumnya 73,14%. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login