IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Harga Minyak Hari Ini Turun

Harga Minyak Hari Ini Turun

Written By Indopetro portal on Friday, 17 June 2016 | 13:33

indoPetroNews.com- Harga minyak dunia turun pada Jumat (17/6/2016). Apa penyebabnya? 
Disinyalir karena meningkatnya kekhawatiran pemungutan suara di Inggris pekan depan akan membuat negara itu meninggalkan Uni Eropa (Brexit). Kekhawatiran tersebut membuat para investor beralih ke dolar AS yang dinilai lebih aman.

Dengan referendum Inggris hanya seminggu lagi, jajak pendapat menunjukkan pemungutan suara pada 23 Juni semakin mendukung kampanye untuk meninggalkan Uni Eropa. Sebuah potensi Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa) memicu kekhawatiran tentang pukulan negatif terhadap perekonomian  Inggris dan Uni Eropa, dan dampaknya terhadap seluruh ekonomi global yang lemah.

"Kekhawatiran tentang dampak ekonomi jika Inggris keluar dari Uni Eropa ini, diperparah oleh kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi di Cina. Ini semua memiliki dampak negatif pada harga," kata ekonom energi dari WTRG Economics James Williams.

Patokan harga di AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli merosot ke level terendah dalam lebih dari sebulan di New York Mercantile Exchange, berakhir di 46,21 dolar AS per barel, turun 1,80 dolar AS dari tingkat penutupan perdagangan Rabu (15/6). 

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Agustus, patokan internasional, jatuh 1,78 dolar AS menjadi menetap di 47,19 dolar AS per barel, penutupan terendah sejak 9 Mei.

"Harga minyak jatuh hari ini untuk hari keenam berturut-turut, membuat kerugian beruntun terpanjang mereka sejak Februari," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

Seperti dilansir Reuters hari ini, kinerja mata uang poundsterling bergerak menguat dari level terendahnya dalam dua bulan pasca ditangguhkannya kampanye untuk referendum Brexit minggu depan, menyusul laporan terbunuhnya anggota parlemen Inggris Jo Cox kemarin. Jo Cox diketahui memberikan dukungan yang vokal untuk Inggris bertahan di Uni Eropa.

Sementara itu, pergerakan komoditas di seluruh dunia juga menunjukkan penguatan dan indeks saham acuan termasuk Nikkei Jepang membukukan kenaikan.

"Kita perlu mempersiapkan diri untuk volatilitas lebih lanjut,” kata Ben Le Brun, analis pasar OptionsXpress. "Kita menyaksikan sedikit pemulihan saat ini mungkin dengan beberapa pelepasan posisi pendek. Pasti akan menjadi perjalanan liar bagi investor dan pedagang menjelang keputusan (Brexit pada) 23 Juni.” (Sofyan)



Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login