IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Holding BUMN Energi Sangat Bagus, Bila Demi Kedaulatan Negara atas Migas

Holding BUMN Energi Sangat Bagus, Bila Demi Kedaulatan Negara atas Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 22 June 2016 | 14:10

indoPetroNews.com- Pembentukan holding BUMN energi minyak dan gas bumi (migas) yang dalam hal ini akan diserahkan ke Pertamina adalah sangat bagus. Apa saja syarat dan argumentasinya?

“Sepanjang tujuan utamanya untuk mencapai kedaulatan negara atas migas. Karena holding ini akan menjadi satu-satunya perusahaan negara yang bergerak di migas dan dapat menguasai bisnis migas dari hulu sampai hilir,” kata Ketua Dewan Pakar Center for Energy and Strategic Resources Indonesia (CESRI) Iwan Ratman kepada indoPetroNews.com Rabu siang (22/6/2016) di Jakarta.

Perusahaan negara lainnya, kata Iwan Ratman, seperti PGN menjadi bagian dari holding sehingga tidak terjadi "perang" bisnis gas di sektor hilir yang dapat melemahkan perusahaan negara itu sendiri. “Di sektor hulu, produksi migas holding ini sejatinya belum menjadi produsen terbesar dalam memberikan kontribusi produksi migas karena K3S saat ini masih menjadi produsen utama seperti untuk produksi minyak adalah Chevron dan produksi gas alam adalah Total Indonesie,” imbuhnya.

Menurut Iwan, pembentukan holding migas dapat menjadi momentum untuk program efisiensi perusahaan holding migas dan menata ulang business plan ke depan untuk mencapai tujuan sebagai public service obligation (sesuai denga tujuan pembentukan BUMN).

“Dan tentunya pula dapat memberikan keuntungan (profit center) terutama memberikan deviden kepada negara. Jangan sampai terjadi pembentukan holding malah menjadi beban negara disatu sisi akibat ketidakefisienan sehingga merugi. Di sisi lainnya mencari keuntungan berlipat-lipat dengan mengorbankan rakyat sebagai konsumen utama,” tegas Iwan Ratman.

Dua peran antagonis ini, menurut Iwan Ratman, harus diatur sedemikian sehingga yang harus diutamakan adalah peran holding migas sebagai satu-satunya perusahaan monopoli negara yang mengutamakan pemenuhan kebutuhan migas rakyat dibanding mencari keuntungan semata. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login