IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Indonesia Cocok Kembangkan Energi Mikro Hidro

Indonesia Cocok Kembangkan Energi Mikro Hidro

Written By Indopetro portal on Thursday, 9 June 2016 | 21:58

indoPetroNews.com-Indonesia memiliki banyak gugusan pegunungan yang dapat mengaliri mata air sebagai sumber air sungai. Apalagi cadangan dan potensi energi konvensional sudah semakin menipis serta ditambah belum stabilnya harga minyak mentah di pasar global.

"Ini sangat cocok dan berpotensi untuk mengembangkan energi terbarukan mikrohidro," kata CEO Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) Tri Mumpuni, pada Kamis sore (9/6/2026) di Jakarta.

Menurut Tri Mumpuni, aliran sungai dari pegunungan dapat dimanfaatkan sebagai penggerak mula dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). "Energi tenaga air bisa terus dikembangkan tentu dengan dukungan pemerintah dalam mengembangkan pembangkit listrik mikrohidro," terang Tri Mumpuni.

Sebagai catatan, Tri Mumpuni adalah satu pelopor pengembangan energi terbarukan, khususnya pembangkit listrik mikro hidro. Melalui Yayasan Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan, Tri Mumpuni merancang pembangkit listrik tenaga mikro hidro berkapasitas 2,8 MW dengan memanfaatkan aliran Sungai Cilamaya. Listrik yang dihasilkan, dialirkan untuk memenuhi kebutuhan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Bisnis pembangkit bertenaga hidro ini mendapat dukungan pemerintah, dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 31 Tahun 2003 tentang harga pembelian tenaga listrik oleh PLN dari pembangkit tenaga listrik yang menggunakan energi terbarukan skala kecil menengah. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login