IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Ini Strategi Agar Indonesia Menarik untuk Investor Migas

Ini Strategi Agar Indonesia Menarik untuk Investor Migas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 15 June 2016 | 20:21

indoPetroNews.com- Sejatinya Indonesia menjadi negara yang mampu menarik investor, namun faktanya investor belum menaruh hatinya pada Nusantara. Demikian salah satu poin yang disampaikan Kepala Perpajakan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) A. Rinto Pudyantoro dalam acara diskusi "Ngabuburit SKK Migas" bersama Nitizen, Rabu petang (15/6/2016) di Lt. 9 Plaza City, Jakarta Pusat.

Menurut catatan Rinto ada beberapa perusahaan migas yang telah hengkang dari Indonesia, diantaranya yaitu Hess, Anadarko, dan Salamander. "Ada 34 blok akan segera berakhir. Pertanyaannya apakah para kontraktor tersebut minta diperpanjang," tanya alumnus Akuntansi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Selain itu, ungkap penulis buku "Dialog Tanya Jawab Migas" ini terdapat 56 Wilayah Kerja (WK) CBM tetapi hanya 2 yang diminati. Lebih jauh Rinto memaparkan bahwa terdapat beberapa kendala yang ditemui oleh para perusahaan migas sehingga mereka enggan berinvestasi. Diantaranya mengenai regulasi, portofolio, subsuface, internal kontraktor dan kendala ketersediaan alat dan operasional.

Selanjutnya Rinto mengemukakan tentang beberapa strategi agar industri migas terus bergairah. "Pihak SKK Migas terus meningkatkan kualitas proses bisnis dan mengusulkan kepada pemerintah untuk menghilangkan dis insentif fiskal. Selain itu dibutuhkan 28 miliar USD per tahun untuk menggairahkan industri hulu migas," tegas Rinto sembari mengimbuhkan pemerintah dapat menciptakan kondisi kondusif dalam berinvestasi, utamanya dalam hal perizinan, regulasi fiskal, dan sosial serta politik. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login