IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Irak Guyur Minyak Mentah ke PetroChina, Eni, dan Lukoil

Irak Guyur Minyak Mentah ke PetroChina, Eni, dan Lukoil

Written By Indopetro portal on Tuesday, 14 June 2016 | 17:18

indoPetroNews.com-Irak bakal memasok tambahan 5 juta barel minyak mentah kepada para mitranya mulai medio Juni 2016. Perusahaan mana saja yang bakal mendapat kucuran emas hitam dari negeri 1.001 malam tersebut?

Irak bergabung dengan negara-negara Timur Tengah penghasil minyak lainnya yang telah lebih dulu memutuskan enggan mengerem produksi dan ekspor minyak. Irak adalah negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dengan produksi terbesar kedua. Negara tersebut sudah menargetkan rekor volume ekspor minyak mentah sebesar 3,47 juta barel per hari.

Negara-negara Timur Tengah anggota OPEC lainnya seperti Arab Saudi, Kuwait, Iran, dan Uni Emirat Arab juga berencana meningkatkan pasokan minyak pada kuartal III-2016.

Pemulihan harga minyak dunia dari rekor terendah 12 tahun menjadi di atas 50 dollar AS per barel serta persaingan antara Arab Saudi dan Iran telah meredupkan ekspektasi bahwa OPEC akan menahan pasokannya.

"Jelas OPEC meningkatkan pasokan, mengaplikasikan strategi pertama mereka dalam aspek porsi pasar," kata Victor Shum, Managing Director Downstream Energy Consulting IHS seperti dikutip dari CNBC, beberapa waktu lalu.

Shum menuturkan, tambahan pasokan minyak dari Arab Saudi dan Irak dapat berdampak pada perlambatan penyeimbangan pasar global.

Meskipun demikian, kemungkinan tersebut dapat ditangkal dengan disrupsi pasokan dari negara-negara lain dan permintaan musiman yang kuat.

Perusahaan Pemasaran Minyak Irak (SOMO) mengalokasikan tambahan pasokan 5 juta barel minyak mentah Basra Light untuk pengiriman bulan Juni kepada mitra-mitra hulu, termasuk di antaranya PetroChina, Eni, dan Lukoil.

Perusahaan-perusahaan asing telah menyetujui kontrak pelayanan teknikal bersama SOMO. Pasokan tambahan tersebut berasal dari ekspansi ladang Luhais dan Artawi di selatan Irak. Negara itu ingin meningkatkan produkai minyaknya hingga tahun 2020 mendatang. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login