IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Maksimalkan EBT, Konsumsi Migas Bisa Berkurang

Maksimalkan EBT, Konsumsi Migas Bisa Berkurang

Written By Indopetro portal on Friday, 10 June 2016 | 17:07

indoPetroNews.com-Saat ini belum ada sinergi dan kesamaan persepsi antara pemangku kepentingan energi baru dan terbarukan dengan energi minyak dan gas bumi (migas). Karena itu dapat dimengerti bila proses pengimplementasian energi baru terbaru terkesan berjalan di tempat. Demikian salah satu poin pembicaraan yang disampaikan pemerhati energi baru terbarukan Luluk Soemiarso.

"Selayaknya ada komitmen bersama antara pemerintah dan pelaku ekonomi energi baru terbarukan tentang pengurangan penggunaan energi konvensional," kata Luluk Soemiarso dalam acara diskusi Kamis petang (9/6/2016) di salah satu hotel berbintang di Jakarta.

Karena telah menjadi rahasia umum, kebutuhan dan pemenuhan energi semakin meningkat. Sedangkan ketersediaan energi minyak dan gas semakin tidak mencukupi. "Karena itu, diperlukan terobosan penyediaan energi non konvensional untuk rakyat. Disinilah kebijakan pemerintah selayaknya diarahkan pada penggunaan energi baru terbarukan," tegas Luluk Soemiarso yang juga mantan Dirjen Energi Alternatif Kementerian ESDM pada era 2004.

Ia mengisahkan semasa masih menjabat sebagai Dirjen dirinya memfokuskan pada dua hal untuk memenuhi kebutuhan energi, yaitu menggenjot pembangunan pembangkit listrik dan menginfisienkan penggunaan energi.

Luluk berharap saat ini sedapat mungkin menggunakan semaksimal mungkin energi baru terbarukan sehingga penggunaan energi minyak dan gas akan semakin berkurang. "Dan untuk jangka menengah energi gas alam menjadi pilihannya," tandas Luluk sembari mengimbuhkan energi baru terbarukan (energi surya, mikrohidro, energi angin dan panas bumi) menjadi salah satu solusi alternatif untuk mencapai ketahanan sekaligus kedaulatan energi Indonesia saat ini dan masa depan," tegas Luluk. (Sofyan)



Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login