IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menpar Arief Yahya: Ini Lho 7 Event Jelang Lebaran di Bintan

Menpar Arief Yahya: Ini Lho 7 Event Jelang Lebaran di Bintan

Written By Indopetro portal on Wednesday, 22 June 2016 | 08:24

petroWisata.indoPetroNews.com- Menpar Arief Yahya sudah merekomendasi 10 destinasi dan 10 kuliner di Bintan, yang layak dicoba selama berlibur di sana. Mantan Dirut PT Telkom ini juga melampirkan 7 event yang bakal mewarnai Pulau Bintan selama H-7 sampai H+3 Lebaran. "Silakan ikut meramaikan di Bintan! Menonton juga boleh, event seperti ini hanya setahun sekali," jelas Arief Yahya, peraih Maketeer of The Year 2013 oleh MarkPlus itu.
Buat anak-anak, yang sedang liburan sekolah, kegiatan itu sangat bermakna. Mereka bisa mempelajari adat istiadat dan tradisi lokal, agar bisa memahami keberagaman dan saling toleransi antarumat. "Seperti pawai obor, itu di kota-kota besar sudah tidak musim, hampir punah, tapi di daerah-daerah menabuh genderang di jalan raya sambil membawa obir minyak tahan itu sensasi yang seru," kata Arief Yahya.
Menurut dia, sesuatu yang sangat menghibur itu tidak harus berbayar mahal. Tapi tetap memiliki experiences yang mendalam dan mengasyikkan. Berikut 7 kegiatan yang bisa diikuti oleh siapapun yang berminat di Bintan, #PesonaLebaranBintan.

 1.  Festival Lampu Cangkok
 Festival Lampu Cangkok diadakan untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan dan melestarikan tradisi melayu. Keunikan dari festival ini yaitu dari kreasi  ornamen lampunya yang diperlombakan sehingga masing masing kecamatan memiliki kreasi tersendiri. Ornamen lampu harus bernuansa islami dan akan dinilai. Bagi kecamatan yg plg bagus ornamen lampunya akan dipilih sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah.

 2.  Pawai Obor
     Dalam rangka menyambut bulan  suci ramadhan,  masyarakat bintan mengadakan pawai obor. Masyarakat sangat antusias mengikuti acara ini.

 3.  Takbiran
   Sebagai acara dipenghujung bulan ramadhan menandakan berakhirnya bulan penuh rahmat masyarakat melakukan takbiran keliling.

 4.  Bekarang
Bekarang adalah kebiasaan masyarakat untuk mencari kerang-kerangan pada saat air surut. Sebagai daerah bahari, pulau Bintan diberkahi oleh kekayaan biota laut yang sangat digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Sebut saja gong gong, rangak, remis, kerang bulu dsb itu bisa didapatkan dengan cara bekarang.

 5.  Memancing
Memancing adalah hobi dan mata pencaharian sebagian masyarakat Bintan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memancing antara lain memancing di atas Kelong terapung, memancing dengan perahu atau memancing dari pinggir laut saja. Di Pantai Trikora menyediakan paket - paket wisata memancing untuk para wisatawan.

 6.  Bazar Kuliner Ramadhan
Bazaar ini hanya ada pada bulan ramadhan saja, para pedagangnya menjual aneka Kue untuk berbuka puasa, makanan khas melayu seperti Lontong, lakse, roti kirai,dll dan kue lebaran juga. Bazaar ini tersebar di beberapa tempat sperti Kijang,  Trikora dan Tanjung uban.

 7.  Safari Ramadhan
 safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pemkab Bintan setiap bulan Ramadhan. Pemkab bintan melakukan kunjungan ke mesjid - mesjid yang ada di Daerah Kabupaten Bintan untuk melakukan buka puasa dan sholat tarwih bersama sehingga menambah keakraban masyarakat dan pemerintah.

Selamat berlibur, selamat menikmati aneka events di Bintan. Salam #PesonaLebaranBintan #PesonaLebaranKepri #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia. (*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login