IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menpar Arief Yahya : Mudik ke Tasik ? Ini Pilihan Tempat Liburannya

Menpar Arief Yahya : Mudik ke Tasik ? Ini Pilihan Tempat Liburannya

Written By Indopetro portal on Friday, 24 June 2016 | 11:13

petroWisata.indoPetroNews.com- Apa yang Anda pikirkan tentang Tasikmalaya? Tradisi Sunda yang sangat kental dan mengasyikkan. Kota berjulukan Sang Mutiara dari Priangan Timur. Gudang UKM –-Usaha Kecil dan Menengah--. Pusat pembuat Payung Geulis, yang menjadi ikon Jawa Barat, juga Kelom Geulis, sandal tradisional khas Tasik dan warga masyarakatnya yang ramah.

Menpar Arief Yahya menyebut ada minimal 10 destinasi pariwisata yang layak dikunjungi di sana. Sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta, hanya 106 kilometer saja. Tetapi hampir setiap hari kemacetan membuat waktu tempuhnya menjadi lama. “Bagi yang mudik ke Tasikmalaya, silakan berwisata bersama keluarga, sanak famili dan handai tolan. Ada banyak tempat keren di Tasikmalaya,” ungkap Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Salam #PesonaIndonesia, #PesonaLebaranTasik, #WonderfulIndonesia,

1.Pantai Sindangkerta

Tasikmalaya diketahui termasuk kaya akan tempat wisata alam, dan oleh karena itulah Pantai Sindang Kerta adalah destinasi yang tidak akan mengecewakan untuk dikunjungi bersama teman-teman dan keluarga ketika berkunjung ke Tasikmalaya. Tempat ini begitu disukai oleh banyak wisatawan sebab menjadi lokasi ini dikenal juga sebagai tempat penangkaran penyu yang sudah amat langka. Maka selain berkunjung untuk jalan-jalan dan refreshing, para pengunjung akan dapat melihat sendiri pembudidayaan penyu di tempat ini.

Jadi, ketika datang ke tempat ini, maka secara otomatis pengunjung akan menambah sedikit wawasan tentang pembudidayaan penyu yang dilakukan supaya habitat penyu terus berlangsung. Budidaya dilakukan karena memang habitat penyu, khususnya yang ada di daerah ini sudah mulai punah. Di tempat ini, wisatawan pun bisa mandi.

 2.Pemandian Air Panas Ciawi

Di Tasikmalaya, ada sebuah pemandian air panas yang wajib untuk didatangi, yaitu Pemandian Air Panas Ciawi yang bisa menjadi tempat relaksasi paling oke. Bila dari Bandung, cobalah untuk mengambil arah Ciawi dari pertigaan Nagreg dan dalam perjalanan nanti akan menemukan lokasi pemandian satu ini. Tersedia dua kolam untuk mandi, yaitu air panas dan air dingin sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Kedua kolam tersebut disediakan di setiap bilik kamar mandi sehingga pengunjung bisa memilih secara bebas kolam mana yang ingin digunakan.

Setelah asyik berendam air panas dan rasa lelah pun sudah terlepaskan, waktunya memanjakan diri belumlah selesai karena masih ada beberapa fasilitas lainnya di dekat area pemandian ini. Bagi yang lapar dan haus, ada sejumlah restoran yang bisa ditemukan di sepanjang jalan sehingga selain dari tujuan relaksasi, wisata kuliner pun bisa dilakukan di daerah ini.

3.Kampung Naga

Mungkin banyak dari kita yang penasaran dan heran mengapa sebuah kampung menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk disambangi. Kampung Naga juga dikenal sebagai kampung adat yang artinya bahwa warga penghuni kampung ini masih sangat memegang teguh segala adat istiadat dan tradisi yang diturunkan oleh leluhur mereka. Para wisatawan perlu waspada ketika datang berkunjung ke sebuah wilayah yang adat istiadatnya masih sangat kental dan perlu menjaga sikap sebaik mungkin.

Keunikan pada Kampung Naga yang tersurat adalah bangunannya yang semuanya menghadap ke arah yang sama; bahkan dari segi ukuran dan desain bangunan rumah pun hampir semuanya mirip satu dengan yang lain. Beberapa orang pengunjung mungkin bertanya-tanya apakah di Kampung Naga ini benar-benar ada seekor naga yang tersembunyi. Pada kenyataannya, walau ada kata naga tapi bukan berarti kampung ini memiliki naga.

Kampung ini disebut sebagai Kampung Naga karena memang lokasinya ada di dalam hutan yang juga dianggap sebagai sebuah pagar alam. Kerennya lagi, wisatawan akan menemukan bahwa bangunan di kampung ini semuanya dibuat dengan bahan dari non-pabrik. Di tempat ini pun tidak menggunakan listrik, namun beberapa warga diketahui ada yang sudah memakai listrik, itupun aki atau baterai saja. Untuk menjangkau tempat ini tidaklah susah karena tepat berada di tepi jalan utama Tasik Garut sehingga para pengunjung tidak akan sampai kesasar atau bahkan harus mencarinya dalam waktu yang lama.
4. Air Terjun Ciparay

Wisata alam yang tidak boleh dilewatkan ketika ada di Tasikmalaya lainnya adalah Air Terjun Ciparay yang mempunyai begitu banyak pesona keindahan yang tidak akan membuat pengunjung merasa bosan. Berada di belakang kawah Gunung Galunggung, lokasi air terjun ini diketahui ada di kaki Gunung Galunggung dan memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya.

Keindahan air terjunnya sendiri adalah hal yang begitu memesona. Bahkan aktivitas mandi juga bisa dilakukan oleh para wisatawan di sini. Hanya saja, pengunjung memang harus banyak bersabar dan terus bersemangat dalam menjangkau lokasi ini karena akses masih terbilang sulit. Kesulitan terjadi disebabkan oleh adanya jalan yang sudah rusak serta rambu-rambu jalan sebagai petunjuk yang masih kurang.

5. Gunung Galunggung

Pemandian air panas serta kawah di Gunung Galunggung merupakan yang terfavorit dan tidak dapat dipungkiri bahwa tempat wisata ini begitu terkenal di Tasikmalaya. Termasuk di dalam kategori gunung berapi, gunung ini dikenal sebagai obyek wisata yang menyuguhkan berbagai pemandangan cantik dan fasilitas liburan seru setelah tahun 1982. Saat berkunjung ke tempat ini, tersedia bak pemandian air panas, kolam rendam, kolam renang, dan danau yang akan menambah kesegaran setiap pengunjung yang datang.

Ada 3 pilihan akses untuk bisa sampai ke Gunung Galunggung. Pertama adalah apabila dari pusat kota, pengunjung bisa menuju ke Sukaratu dari Indihiang. Kedua, akses bisa dimulai dari perempatan pesantren Cipasung yang kemudian dilanjutkan dengan berbelok ke sebelah kanan. Ketiga atau yang terakhir, pengunjung bisa menuju ke gunung ini dari Cisayong. Alasan mengapa tiga akses inilah yang ditawarkan adalah sebab medan yang paling baik ada pada ketiga jalur tersebut. Jalur Singaparna memang terbuka, namun bersiaplah menemukan jalanan yang becek dan berlumpur, terutama saat musim hujan tiba.

6.Pantai Selatan Cipatujah

Terletak di Kabupaten Tasikmalaya, pantai ini begitu baik sehingga mengundang ketertarikan para wisatawan untuk datang berkali-kali ke tempat ini. Demi dapat sampai ke kawasan pantai selatan ini, para wisatawan perlu melalui Kawalu, Sukarata, kemudian disambung menuju Cibalong dan Karang Nunggal. Keasrian dan panorama dari pantai ini sangat menenangkan hati sehingga tidak salah untuk datang ke lokasi wisata satu ini. Memang pantai ini di bagian pinggirnya dikelilingi oleh tebing-tebing yang tampak curam, namun keindahannya tak terbantahkan.

Fasilitas yang dapat ditemukan di sekitar pantai cukup banyak dan menyenangkan, seperti misalnya tempat parkir yang memadai, pondok wisata, penginapan, panggung hiburan, gazebo, balawisata, kios wisata, serta berbagai warung makan yang akan memuaskan hasrat kuliner para pengunjung. Bagi para wisatawan yang ingin sekalian ke Sindang Kerta atau sebaliknya dari Sindang Kerta ke pantai ini, lokasi keduanya cukup dekat sehingga bisa bereksplorasi sepuasnya.

Didirikan pada tahun 2008, lokasi wisata taman bermain air ini dibangun dengan tujuan utama sebagai tempat wisata keluarga. Waterboom yang dibuka pada bulan Agustus ini rupanya menawarkan sejumlah wahana yang cukup banyak dan bervariasi untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Liburan ke Tasikmalaya bersama dengan anak-anak tentu akan sangat disarankan untuk mampir ke tempat ini, sebab di sinilah pengunjung bisa puas bermain bola gelo, flying fox, waterboom, dan kolam renang dengan keseruan maksimal.

Selain itu, tersedia juga becak mini yang bisa digunakan untuk mengelilingi kawasan waterboom ini. Para orang dewasa pun bisa mencoba pelayanan fish spa atau terapi ikan. Waterboom ini juga dikenal menyediakan saung yang bisa disambangi untuk beristirahat sejenak. Bahkan bagi wisatawan yang suka berwisata kuliner bisa menemukan segala kuliner yang sangat layak untuk dicoba.

7.Water Splash Indihiang

Selain dari Waterboom Maarif Garden, liburan keluarga paling asyik juga bisa dihabiskan di Waterpark  yang merupakan salah satu wisata dengan wahana air terbaik. Waterpark ini cukup ramai dikunjungi karena ada beragam fasilitas wahana yang bisa dimainkan, seperti boom boom car,gookart, M2HL, boogie, kiddie ride, mini kincir, komedi putar, Moto GP Mini, ATV anak, becak mini, charger car, kereta mini, ATV dewasa, perahu kano, dan flying fox. Masih ada juga fasilitas gazebo yang bisa dinikmati selama 3 jam, berikut juga Tube Double dan Tube Single yang pasti seru.

Tidak ketinggalan juga waterpark yang didirikan sedari tahun 2009 ini juga memiliki wahana seperti kolam khusus balita, kolam arus, permainan trampolin, whirl pool, dan bahkan juga ada food court bagi yang lapar sehabis puas bermain. Dari wahana yang biasa hingga menantang semuanya tersedia di waterpark satu ini.

 8.Masjid Agung Manonjaya

Selain wisata alam yang segudang, wisata religi pun bisa dilakukan di Tasikmalaya. Hal ini dikarenakan Tasikmalaya memiliki sebuah masjid bernama Masjid Agung Manonjaya yang sudah ada dari tahun 1832. Masjid tua ini dibangun pada zaman Kerajaan Sukapura di mana masa itu dipimpin oleh Raden Tumenggung Danuningrat. Itulah masa di mana menjadi awal mula Tasikmalaya berdiri.

Apabila datang dari pusat kota Tasikmalaya, para wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 12 kilometer untuk dapat sampai ke masjid satu ini. Ada banyak pendatang yang tertarik untuk mengunjungi masjid ini, jadi dijamin tidak akan menyesal bila menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan Anda. Sebagai tambahan informasi, masjid ini telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan cagar budaya bersama dengan Masjid Agung Sumedang. Badan Arkeologi RI-lah yang mengeluarkan ketetapan tersebut pada tahun 1975 dan merujuk pada UU Kepurbakalaan.

 9.Taman Mangkubumi Indah

Liburan di Tasikmalaya akan makin lengkap rasanya bila wisatawan mencoba mengunjungi Taman Mangkubumi Indah di mana bisa menjadi tempat yang pas bagi para keluarga bersantai. Taman ini memiliki sebuah kolam besar yang tampaknya sangat mirip dengan danau dan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Taman Mangkubumi Indah. Selain bisa berjalan-jalan mengelilingi taman atau duduk-duduk santai menghirup udara segar, ada berbagai macam wahana yang disediakan di tempat ini, seperti sepeda air.

Di sekitar kawasan taman ini pun ada penginapan yang biayanya tidaklah tinggi, sehingga bagi pengunjung yang ingin menginap di daerah ini bisa mencari yang pas di kantong. Di taman ini pun terdapat sebuah gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk atau tiduran santai sambil memandangi panorama sekitar. Bila datang di saat yang tepat, pengunjung akan sangat beruntung karena bisa menonton acara pentas seni dan hiburan lain yang biasanya diadakan di tempat ini. Itulah mengapa di taman ini terdapat sebuah panggung hiburan dengan ukuran besar.

 10. Teejay Waterpark

Waterpark yang juga akan memberikan sejuta hiburan bagi para wisatawan adalah Teejay Waterpark yang sama sekali tidak boleh tertinggal untuk dikunjungi selama ada di Tasikmalaya. Bagi yang senang bermain air, tempat ini adalah yang paling pas, tapi di kawasan waterpark ini pun ada tempat belanja (Asia Plaza) yang bisa didatangi. Berkonsep mewah, taman bermain ini memiliki kegiatan wisata yang lengkap. Berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektar wahana bermain yang tersedia antara lain adalah slider, ember tumpah, kolam arus, kolam ombak, dan kolam anak.

Di dalam waterpark ini juga terdapat gazebo yang bisa dipakai untuk bersantai oleh para pengunjung. Taman bermain air ini juga memiliki daya tarik lainnya, yaitu berupa ombak dadakan yang biasanya paling tidak muncul setiap satu jam sekali. Fasilitas lainnya yang akan memenuhi kebutuhan dan menjamin kenyamanan pengunjung adalah ruang medis, ruang bilas, kamar mandi dan locker. Bagi yang setelah puas bermain merasakan haus dan lapar, ada food court yang terdapat di area ini juga.(*)

Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login