IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Menteri ESDM : Ancaman Kekerasan di TBBM Teluk Kabung Jangan Terulang Lagi

Menteri ESDM : Ancaman Kekerasan di TBBM Teluk Kabung Jangan Terulang Lagi

Written By Indopetro portal on Monday, 13 June 2016 | 18:32

indoPetroNews.com-Fenomena ancaman, intimidasi dan aksi perusakan terhadap Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung di Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (7/6/2016) mendapat reaksi keras dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Menurut Sudirman peristiwa tersebut merupakan puncak gunung es dari banyaknya aksi premanisme yang mengganggu keamanan TBBM Pertamina di berbagai daerah. "Yang penting Pertamina dan aparat keamanan bertindak cepat. Saya berterima kasih pada Kepolisian, objek vital nasional itu harus diamankan oleh Kepolisian," kata Sudirman, Senin (13/6/2016) di Jakarta.

Mantan Dirut Pindad ini mengharapkan agar kejadian di Padang menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk benar-benar menjamin keamanan TBBM, jangan sampai peristiwa serupa terjadi lagi. "Saya bersyukur TBBM Sumbar pulih dengan cepat. Saya kira itu akan memicu koordinasi yang lebih kuat dengan aparat keamanan," katanya.

Seperti diketahui, terjadi ancaman di Terminal Bahan Bakar Minyak Teluk Kabung - Padang. Ada 50 orang masuk ke lokasi TBBM. Bahkan merka merusak aset-aset Pertamina.

Selain di Teluk Kabung, sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi di beberapa tempat. Misalnya, perusakan aset di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Manggis - Bali, pemukulan pekerja saat bekerja di RU - VI Balongan, penusukan pekerja Pertamina di TBBM Bitung - Manado.

Sebagai catatan, Pertamina dan seluruh unit bisnis operasinya berdasarkan Keppres Nomor 63 tahun 2004 tanggal 5 Agustus 2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional dan surat Keputusan Menteri ESDM No. 3407K/07/MEM/2012 tanggal 21 Desember 2012 adalah merupakan Obyek Vital Nasional (Obvitnas) di sektor energi dan sumber daya mineral yang strategis serta menjalankan pola pengamanan Obvitnas yang berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI No. 24 tahun 2007 tentang sistem manajemen pengamanan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintah. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login