IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM : Indonesia Akan Berkontribusi Terbaik di OPEC

Menteri ESDM : Indonesia Akan Berkontribusi Terbaik di OPEC

Written By Indopetro portal on Friday, 3 June 2016 | 07:45

indoPetroNews.com-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, pada Kamis (2/6/2016) hadir pada Sidang OPEC ke-169 di Vienna, Austria. Sidang OPEC kali ini berlangsung di tengah momentum kenaikan harga minyak dunia yang telah menembus angka USD50/liter.

Sudirman Said menyampaikan bahwa pada Sidang OPEC yang ke-169 ini, Indonesia akan menjalankan peran terbaiknya untuk OPEC. "Kami akan berkontribusi terbaik dalam sidang ini untuk perkembangan OPEC ke depan," tandas Sudirman.

Presiden OPEC yang juga Menteri Energi dan Industri Qatar, Dr. Mohammed Al-Sada memimpin secara langsung sidang ini. Dalam sambutannya, Presiden OPEC menyampaikan bahwa sejak terakhir pertemuan Vienna 4 Desember 2015 kita melihat harga minyak dunia lebih berfluktuasi. “Harga referensi OPEC jatuh dari USD38/barrel di Desember 2015 menjadi hanya sedikit di atas USD22/barrel di Januari 2016, kemudian naik di atas USD40/barrel di April dan terus naik lebih tinggi di Mei,” ujar Al-Sada.

"Perkembangan harga saat ini cukup menggembirakan, khususnya jika dilihat dari sisi investasi yang diperlukan untuk keberlanjutan industri minyak dan gas bumi di masa depan", tambah Al-Sada.

Sidang OPEC ke -169 selain dihadiri Menteri ESDM, Sudirman Said juga dihadiri Gubernur Al Jazair untuk OPEC sebagai Ketua Sidang Dewan Gubernur OPEC, Mohamed Hamel dan Pelaksana Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem El-Badri. Sidang OPEC kali ini membahas tiga tema utama yakni, permasalahan internal OPEC, strategi jangka panjang menghadapi dinamika harga minyak dan kerjasama dengan lembaga internasional dan negara-negara non-OPEC, serta pemilihan Sekretaris Jenderal OPEC periode 3 tahun ke depan (2016 - 2019).

Delegasi Indonesia yang hadir mendampingi Menteri Sudirman yakni, Duta Besar Indonesia untuk Austria, merangkap Slovenia, PBB dan Organisasi-Organisasi Internasional yang berkedudukan di Austria, Rachmat Budiman, dan Gubernur Indonesia untuk OPEC, Widhyawan Prawiraatmadja. (Sofyan)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login