IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Mudik Bandung? Ini 10 Destinasi Bandung Yang Layak Anda Kunjungi

Mudik Bandung? Ini 10 Destinasi Bandung Yang Layak Anda Kunjungi

Written By Indopetro portal on Monday, 20 June 2016 | 07:18

petroWisata.indoPetroNews.com- Kumpul bersilaturahim bersama keluarga, sanak famili dan handai tolan? Selamat Berbahagia di Hari Suci, Selamat Lebaran, 1437 Hijriah. Mohon maaf lahir batin. Hari pertama kedua pasti sibuk acara halal bi halal dan menikmati sambil makan lontong opor di rumah.

Bagaimana hari ke-3-4-5-6 Anda? Sudah punya planning untuk pergi bertamasya bersama keluarga? Menteri Pariwisata Arief Yahya yang rumahnya Bandung menyebut ada ratusan lokasi yang bisa didatangi selama #PesonaLebaranBandung. Semuanya oke-oke. Kalau nggak sempat waktu eksplorasi, ini 10 destinasi yang cocok untuk dijadikan tempat bercanda tawa, melepas suka di liburan hari raya. Ini dia 10 lokasi di Bandung yang layak dikunjungi:

1. Kawah Putih, Ciwidey

Kawah Putih ini hanya sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung. Ada danau kecil yang tercipta dari letusan Gunung Patoha abad ke-10 silam. Letusan vulkanik itu membuat kawah putih menyuguhkan keindahan luar biasa. Asap putih yang terus keluar dari kawah belerang dan airnya yang selalu berubah warna mengikuti cuaca. Karena itu, objek foto sefie di sini, banyak sudutnya.

Lokasinya ada di ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut, jadi bisa dibayangkan kan dinginnya? Jangan lupa bawa jaket atau baju tebal.

Kawah Putih, Ciwidey

Lokasi: Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Tiket Masuk: Rp 20.000,-

Jam Operasional: 07.00 -17.00 WIB

2. Balai Konservasi Rusa Ranca Upas

Tak jauh kawah putih Ciwidey, ada balai konservasi penangkaran rusa dan bumi perkemahan. Anda bisa juga berinteraksi dengan kawanan rusa di sana, sembari memberi mereka makan wortel ataupun sayuran.

Aktifitas outdoor juga tersedia di tempat ini. Dan bagi keluarga yang berkunjung ke sini, juga tersedia berbagai aktivitas air yang bisa dinikmati anak-anak. Ada pemandian air panas yang cukup manjur untuk melepas lelah.

Sedangkan bila anda enggan untuk kembali ke hingar bingarnya suasana kota, di sini juga terdapat beberapa tempat yang menyediakan peralatan berkemah yang dapat anda sewa.

Ranca Upas, Ciwidey

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Tiket Masuk: Rp10.000,-/orang (hari biasa), Rp15.000,-/orang (akhir pekan)


3. Situ Patenggang

Hanya berjarak 10 menit dari Kawah Putih, sebuah danau sayang untuk dilewatkan. Menurut legenda Jawa Barat abad ke-15, di sini adalah tempat pertemuan Pangeran Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi setelah berpisah selama bertahun-tahun. Maka tak jarang pasangan muda-mudi yang datang ke Situ Patenggang karena percaya tempat ini bisa melanggengkan hubungan mereka.

Di sini Anda bisa menupang perahu untuk mengelilingi danau. Perkebunan teh di sekeliling danau-pun seakan berkolaborasi apik dengan suara gemericik air.

Situ Patenggang

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung (10 menit dari Kawah Putih)

Tiket Masuk: Rp15.000,-

 4. Curug Malela

Curug Malela merupakan air terjun terbesar yang ada di Bandung. Tingginya 70 meter dengan lebar 50 meter.

Jarak 3 jam yang harus di tempuh dari pusat kota memang terbilang cukup jauh. Namun keindahan yang ditawarkan curug malela, dipastikan tidak akan membuat anda menyesal.

Medannya yang cukup terjal untuk menuju ke air terjun ini juga sangat cocok bagi anda penggila tracking.

Curug Malela

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tiket Masuk: -

5. Goa Pawon

Untuk mencapai mulut Goa Pawon, Anda harus terlebih dahulu melakukan 20 pendakian di Gunung Pasigit. Goa Pawon sendiri adalah sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya bermacam peninggalan prasejarah yang banyak dipamerkan di Museum Geologi Bandung.

Jika Anda lanjutkan perjalanan beberapa langkah lagi ke arah puncak gunung, maka Anda akan menemukan Stone Garden (Taman Batu), sebuah Cagar Geowisata bertabur batu karang seperti yang biasa terdapat di pesisir pantai.

Para ilmuwan meyakini bahwa pada jutaan tahun kawasan antara Padalarang dan Nagreg merupakan sebuah Danau Purbakala, yang artinya Kota Bandung saat ini dulunya terletak sedalam ratusan meter di bawah permukaan air. Menurut teori, beberapa gempa vulkanik besar menyebabkan air danau raksasa tersebut surut sehingga terciptalah sebuah lembah.

Di sini Anda bisa melihat langsung bukti ilmiah berupa cangkang-cangkang kerang dari zaman purbakala yang menempel di batu karang.

Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang

Lokasi: Desa Gunung Pasigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Tiket Masuk: Rp5.000,-

6. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya atau yang biasa disingkat dengan sebutan ‘TaHuRa’, jaraknya hanya 30 menit dari pusat kota. Membentang di lahan seluas 590 hektar, tujuan dibuatnya Taman Hutan Raya ini adalah sebagai hutan lindung dan kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan dan bunga yang ada di Bandung.

Di taman ini juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang peninggalan tokoh nasional Ir. H. Juanda serta berbagai artefak yang ditemukan di sekitar kawasan ini.

Salah satu lokasi populer di Taman Hutan Raya ini adalah ‘Tebing Keraton’, sebuah tebing dengan pemandangan hutan pinus yang begitu indah yang sangat tepat untuk dijadikan tempat ber-selfie ria.

Di taman ini juga terdapat dua air terjun berbeda, Curug Lalay dan Curug Omas.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Lembang, jawa Barat
Tiket Masuk: Rp11.000,-

Jam Operasional: 08.00 – 18.00

7. Taman Wisata Maribaya

Terkenal dengan air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di bagian utara Taman Hutan Raya. Selain dapat diakses dengan mudah melalui Lembang, taman ini juga bisa dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya.

Disini anda bisa berjalan melintasi jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Begitu mendekati air terjun, anda akan langsung bisa merasakan betapa dingin dan segarnya percikan air yang mengenai tubuh disertai aroma hutan nan alami.

Untuk mengistirahatkan kaki yang letih setelah menempuh perjalanan, Taman Wisata Maribaya juga memiliki kolam mata air panas, yang juga diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Taman Wisata Maribaya

Lokasi: Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
Tiket Masuk: Rp 8.000,-

Jam Operasional: 08.00 – 16.00

8. The Lodge Earthbound Adventure Park

Ini adalah tempat yang menawarkan beragam aktivitas menyenangkan untuk anak-anak segala usia. Anda bahkan bisa memilih untuk bermeditasi di tengah hutan pinus sambil merasakan sejuknya hembusan angin pegunungan, atau seru-seruan bermain paintball. Disamping itu, banyak juga tersedia fasilitas outdoor lain yang bisa anda nikmati bersama keluarga.

The Lodge Earthbound Aventure Park

Lokasi: KM 4,5 Maribaya, Cibodas, Lembang

Tiket Masuk: -

Jam Operasional: 10.00 – 17.00


9. Gunung Batu

Gunung Batu adalah salah satu tempat yang menawarkan pemandangan fenomenal. Bukit yang merupakan bagian dari patahan Lembang ini letaknya cukup dekat dengan pusat kota Lembang dengan waktu tempuh hanya 5-10 menit sampai sebelum menempuh pendakian selama setengah jam sampai satu jam. Dari ketinggian 1228 DPL, anda dapat menikmati cantiknya lampu-lampu kota Bandung di malam hari maupun gunung-gunung besar seperti Manglayang, Tangkuban Perahu, Gunung Putri. Palasari dan Bukit Tunggul.

Gunung Batu

Lokasi: Jl. Maribaya, Lembang Jawa Barat
Tiket Masuk: -


10. De’Ranch, Lembang

Tempat ini awalnya adalah sebuah peternakan, namun sejak tahun 2007 diubah menjadi sebuah taman hiburan keluarga dan menjadi salah satu destinasi favorit di Bandung. Pengunjung dapat mengenakan kostum koboi dan menunggang kuda untuk menjelajahi kawasan natural seluas 5 hektar ini.

Ada berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan di sini bersama keluarga seperti panahan, flying fox, dan memancing.

Seperti umumnya peternakan, di sini Anda juga bisa belajar banyak tentang perawatan kuda dan sapi, dari memberi makan dan memandikan hewan ternak, hingga memerah susu sapi.


De’Ranch

Lokasi: Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Jawa Barat, tiket masuk gratis.(*)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login